Show simple item record

dc.contributor.authorAprilita Dwi Agustina
dc.date.accessioned2013-12-27T07:42:35Z
dc.date.available2013-12-27T07:42:35Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM080210102018
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13529
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah : (1) Mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TTW (Think-Talk Write) dengan metode eksperimen terhadap sikap ilmiah siswa kelas X di MAN 1 Jember. (2) Mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TTW (Think-Talk Write) dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X di MAN 1 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan dengan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di MAN 1 Jember yang tediri dari sembilan kelas yaitu kelas X-A, X-B, X-C, X-D, X-E, X-F, X-G, X-H, X-I. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X-B dan X-D yang ditentukan dengan metode cluster random sampling. Desain penelitian menggunakan randomized post-test only control group design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah data sikap ilmiah berupa angket, dan hasil belajar beupa tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Independent-Sample T-test dengan uji pihak kanan dengan bantuan SPSS 16 (Statistic Package for Sosial Science) untuk menjawab rumusan masalah yang pertama dan kedua. Analisis data sikap ilmiah menggunakan Independent-Sample T-test pengujian hipotesis pihak kanan, hasil penelitian diperoleh signifikansi (1-tailed) sebesar 0,000. Jadi nilai sig < 0,05 maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, maka dapat disimpulkan bahwa skor sikap ilmiah kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TTW (Think-Talk Write) dengan metode eksperimen berpengaruh terhadap sikap ilmiah siswa kelas X di MAN 1 Jember. Analisis data hasil belajar menggunakan Independent-Sample T-test pengujian hipotesis pihak kanan, hasil penelitian diperoleh signifikansi (1-tailed) sebesar 0,0005. Jadi nilai sig < 0,05 maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, maka dapat disimpulkan bahwa skor hasil belajar fisika kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TTW (Think-Talk Write) dengan metode eksperimen berpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X di MAN 1 Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210102018;
dc.subjectThink-Talk-Write (TTW), Metode Ekperimen, Hasil Belajar Fisikaen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINKTALK- WRITE (TTW) DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X DI MAN 1 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record