Show simple item record

dc.contributor.authorPutri Darma Nitis Rachmayati F.
dc.date.accessioned2013-12-27T07:10:18Z
dc.date.available2013-12-27T07:10:18Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM080210103041
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13484
dc.description.abstractBerdasarkan hasil penilaian aktivitas yg meliputi memperhatikan guru, keaktifan dalam diskusi, mengerjakan LKS, betanya dan juga menjawab, dipeoleh hasil yaitu pembelajaran melalui metode pemainan dengan media kartu kwartet berpengaruh terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 13 Jember. Terkait dengan aspek memperhatikan penjelasan guru, pembelajaran melalui permainan dengan menggunakan media kartu kwatet mampu meningkatkan perhatian siswa dibandingkan dengan kelas kontrol dengan selisih nilai rerata 3,31% yaitu kelas eksperimen 92,19% dan kelas kontrol 88,88%. Pada aspek kedua aktivitas dalam berdiskusi selisih erata nilai yaitu 15,18% yaitu kelas eksperimen 84,37% dan kelas kontrol 69,19%. Pada aspek ketiga mengerjakan tugas berupa lembar kerja siswa selisih rerata nilai 5,02% yaitu kelas eksperimen 80,27% dan kelas kontrol 75,25%. Pada aspek selanjutnya aktivitas bertanya atau menyampaikan pendapat selisih rerata nilai 21,01% yaitu kelas eksperimen 74,54% dan kelas kontrol 53,53%. Aspek yang terakhir aktivitas dalam menjawab atau menanggapai pendapat selisih rerata nilai 11,38% yaitu kelas eksperimen 75,52% dan kelas kontrol 64,14%. Sedangkan pembelajaran melalui permainan dengan media kartu kwartet juga berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMP Negeri 13 Jember pada materi klasifikasi makhluk hidup. Hasil belajar kognitif dapat dilihat secara klasikal dari selisih rerata nilai pretest dan posttes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen yaitu 11,6% dan kelas kontrol 9,1%. Dari keduanya selisih rerata nilai yaitu 2,5%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui metode permainan dengan media kartu kwartet berpengaruh terhadap keaktifan dan hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 13 Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210103041;
dc.subjectBiologi, Metode Permainan, Media Kartu Kwarteten_US
dc.titlePENGARUH PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI METODE PERMAINAN DENGAN MEDIA KARTU KWARTET TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (SISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2012/2013)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record