Show simple item record

dc.contributor.authorLukluk Ibana
dc.date.accessioned2013-12-27T06:42:19Z
dc.date.available2013-12-27T06:42:19Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM080210103035
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13457
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan hasil belajar siswa kelas VIII G SMP Negeri 4 Jember semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013. Aktivitas siswa diukur dengan menggunakan rumus persentase aktivitas siswa yang diukur pada setiap pembelajaran. Sedangkan hasil belajar siswa diukur dengan menggunakan rumus persentase ketuntasan siswa. Berdasarkan analisis data aktivitas siswa, diperoleh hasil yaitu pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) mampu meningkatkan aktivitas siswa kelas VIII G SMP Negeri 4 Jember. Pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan tiap-tiap kriteria aktivitas yaitu aktivitas mengerjakan LDS dari 54,55% meningkat menjadi 81,67% dan peningkatannya sebesar 27,12%, aktivitas bertamu atau tinggal dari awal 78,34% meningkat menjadi 86,67% dan peningkatannya sebesar 8,33%, aktivitas presentasi dari 63,89% meningkat menjadi 79,45% dan peningkatannya sebesar 15,56%, aktivitas memperhatikan penjelasan guru dari 78,89% meningkat menjadi 82,22% dan peningkatannya sebesar 3,33%, dan aktivitas membuat kesimpulan dari 57,78% meningkat menjadi 70,56% dan peningkatannya sebesar 12,78%. Pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) juga mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII G SMP Negeri 4 Jember pada materi Sistem dalam Kehidupan Tumbuhan. Ketuntasan klasikal siswa mengalami peningkatan dari pra siklus sebesar 46,67% menjadi 73,33% pada siklus 1, dan meningkat menjadi 83,33% pada siklus 2. Peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa pra siklus ke siklus 1 sebesar 26,66%, sedangkan peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 10%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII G SMP Negeri 4 Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210103035;
dc.subjectTwo Stay Two Stray (TSTS), Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran Kooperatifen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII G SMP NEGERI 4 JEMBER TAHUN AJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record