Show simple item record

dc.contributor.authorSuhdi
dc.date.accessioned2013-12-27T02:03:02Z
dc.date.available2013-12-27T02:03:02Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM070210192134
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13141
dc.description.abstractHasil observasi dan wawancara awal dengan guru fisika SMP Negeri 1 Wonosari diketahui bahwa hasil belajar siswa kelas VIII A masih rendah kurang dari Standar Ketuntasan Minimal. Berdasarkan Standar Ketuntasan Minimal siswa dikatakan tuntas apabila telah memperoleh nilai ≥ 73 (Sumber: Keputusan Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Wonosari) Dari hasil statistik data observasi awal terhadap kelas VIII A yang terdiri atas 29 siswa, diketahui sebanyak 16 siswa (55.17%) dinyatakan tuntas belajar mendapatkan nilai antara 73 - 91 dengan nilai rata –rata 75 dan 13 siswa (44.18%) dinyatakan tidak tuntas dengan nilai rata – rata 65 yaitu antara 53 - 70. Selain itu aktivitas siswa selama proses pembelajaran terlihat cenderung pasif dan kurang memperhatikan penjelasan guru. Berdasarkan data lembar observasi pada kegiatan observasi awal diketahui bahwa aktivitas siswa selama pembelajaran tidak sesuai dengan pembelajaran fisika. Aktivitas belajar yang tampak yaitu aktivitas memperhatikan pelajaran 42,52%, aktivitas bertanya 34,48%, menjawab pertanyaan 35,63%, mengerjakan soal 35,63%, dan aktivitas bereksperimen tidak ada.. Berdasarkan uraian di atas, maka pembelajaran dengan model Student Team Achievement Division dengan performance assesment diterapkan untuk mengatasi permasalahan di kelas VIII A SMP Negeri 1 Wonosari. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Meningkatkan aktivitas belajar fisika siswa menggunakan model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (2) Meningkatkan ketuntasan hasil belajar fisika siswa menggunakan model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division dengan Performance Assessment dalam pembelajaran IPA fisika di SMP Negeri 1 Wonosari. Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah: (1) Bagi guru fisika, merupakan informasi yang bisa digunakan sebagai masukan dan alternatif dalam menyempurnakan model pengajaran demi tercapainya prestasi belajar fisika yang maksimal. (2) Bagi lembaga pendidikan dan sekolah yang terkait, diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi peningkatan mutu pendidikan. (3) Bagi peneliti, dapat memperluas wawasan tentang model pembelajaran fisika untuk bekal di dunia pendidikan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitian sudah ditetapkan di kelas VIII A SMP 1 Negeri Wonosari tahun ajaran 2012/2013 yang dimulai tanggal 16 Oktober 2012 sampai 20 November 2012. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Data yang didapatkan adalah aktivitas guru dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan hasil belajar pada siklus I dan siklus II serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa. Data hasil analisis memperlihatkan bahwa prosentase aktivitas siswa secara klasikal mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu masingmasing 71.84% dan 85.82%. Berdasarkan analisis hasil belajar pada siklus I diperoleh ketuntasan hasil belajar sebesar 82.76%, siswa yang tuntas belajar secara individu sebanyak 24 siswa dan yang tidak tuntas secara individu sebanyak 5 siswa. Sedangkan analisis hasil belajar pada siklus II diperoleh ketuntasan hasil belajar sebesar 93.1%, siswa yang tuntas belajar secara individu sebanyak 27 siswa dan yang tidak tuntas secara individu sebanyak 2 siswa. Berdasarkan pada hasil dan analisis data yang ditunjukkan pada siklus I dan siklus II, dapat disimpulkan bahwa pembelajar menggunakan model Cooperative Learning Tipe student teams achievement division dengan performance assessment dalam pembelajaran IPA fisika SMP Negeri 1 Wonosari dapat meningkatkan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Wonosari tahun ajaran 2012/2013.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210192134;
dc.subjectModel Cooperative Learningen_US
dc.titlePeningkatan Aktivitas Dan Ketuntasan Hasil Belajar Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAID) dengan Performance Assessment dalam pembelajaran IPA fisika SMP Negeri 1 Wonosarien_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record