Show simple item record

dc.contributor.authorSugiani
dc.date.accessioned2013-12-27T01:56:22Z
dc.date.available2013-12-27T01:56:22Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM080210102010
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13124
dc.description.abstractBerdasarkan data hasil observasi awal di SMA Negeri 1 Panji menunjukkan bahwa di kelas XI IPA 3 terdapat permasalahan dalam pembelajaran fisika yang menyebabkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa rendah. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil observasi pelaksanaan pembelajaran fisika yang dilaksanakan di kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Panji tahun pelajaran 2012/2013 menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa masih rendah. Dari 30 siswa diperoleh data sebagai berikut: 10 siswa memperhatikan penjelasan guru, 2 siswa aktif bertanya dan 3 siswa aktif menjawab pertanyaan guru. Demikian pula dengan ketuntasan hasil belajar fisika siswa yang diketahui dari kegiatan wawancara dengan guru mata pelajaran fisika menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal masih belum memenuhi standar ketuntasan minimal (SKM) yang ditetapkan sekolah, dari hasil nilai ulangan yang diperoleh siswa menunjukkan bahwa dari 30 siswa hanya hanya 7 siswa atau 23,3% yang mendapatkan nilai di atas 75, sedangkan 23 siswa atau 76,7 % yang lain mendapatkan nilai di bawah 75. Dengan demikian ketuntasan hasil belajar siswa fisika siswa masih belum tercapai. Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan melalui penerapan model pembelajaran quantum teaching dengan metode eksperimen yang diharapkan dapat meningkatkan aktivitas belajar fisika dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Panji. vii Pada penelitian ini terdapat dua rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran quantum teaching dengan metode eksperimen pada pembelajaran fisika kelas XI IPA 3 SMAN 1 Panji?, (2) Bagaimanakah peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran quantum teaching dengan metode eksperimen pada pembelajaran fisika kelas XI IPA 3 SMAN 1 Panji?. Berdasakan rumusan masalah di atas adapun tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mendeskripsikan aktivitas siswa setelah penerapan model pembelajaran quantum teaching dengan metode eksperimen pada pembelajaran fisika siswa kelas XI IPA 3 SMAN 1 Panji, 2) Untuk mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran quantum teaching dengan metode eksperimen pada pembelajaran fisika siswa kelas XI IPA 3 SMAN 1 Panji. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sehingga subjek penelitian sudah ditetapkan di kelas XI IPA 3 di SMA Negeri 1 Panji yang dimulai tanggal 28 Nopember 2012 sampai dengan 12 Desember 2012. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Data yang didapatkan adalah aktivitas guru, aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar pada pra siklus, siklus I dan siklus II serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa yang berdasarkan hasil observasi dengan instrumen observasi. Ketuntasan hasil belajar fisika siswa diperoleh dari hasil post test. Aktivitas belajar dan ketuntasan belajar fisika siswa dari pra siklus, siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Aktifitas belajar siswa yang meliputi bertanya, berdiskusi, mendengarkan penjelasan guru, menjawab pertanyaan, bekerjasama dalam melaksanakan eksperimen dan menganalisis data. Berdasarkan analisis ketuntasan hasil belajar fisika pada pra siklus diperoleh ketuntasan hasil belajar fisika secara clasical sebesar 40%. Pada siklus I diperoleh ketuntasan hasil belajar fisika siswa secara klasikal sebesar 60%. Siklus II diperoleh ketuntasan hasil belajar fisika siswa secara klasikal sebesar 76,7%. Dari hasil di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran quantum teaching dengan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA 3 di SMA Negeri 1 Panji.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210102010;
dc.subjectModel Pembelajaran Quantum Teachingen_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Dengan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Ketuntasan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Panjien_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record