Show simple item record

dc.contributor.authorRestika Preswasari
dc.date.accessioned2013-12-27T01:25:25Z
dc.date.available2013-12-27T01:25:25Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM080210192032
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13054
dc.description.abstractFisika merupakan mata pelajaran yang memerlukan pemahaman daripada penghafalan, tetapi diletakkan pada pengertian dan pemahaman konsep yang dititikberatkan pada proses terbentuknya pengetahuan melalui penemuan, penyajian data secara matematis dan berdasarkan aturan-aturan tertentu. Dari uraian di atas disimpulkan bahwa mata pelajaran fisika membutuhkan pemahaman dan analisis sehingga dalam mempelajarinya perlu aturan tertentu. Maka solusi alternatif untuk meningkatkan hasil belajar yaitu dengan pembelajaran yang inovatif. Pembelajaran inovatif merupakan pembelajaran yang menarik, mengiringi perubahan, mengembangkan serta menggali pengetahuan peserta didik secara konkrit dan mandiri. Salah satu alternatif model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah pembelajaran inovatif melalui model Problem Based Instruction (PBI) dengan metode praktikum. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) mengkaji pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction dengan metode praktikum terhadap aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran fisika di kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Genteng; dan (2) mengkaji pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction dengan metode praktikum terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika di kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Genteng. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 2 Genteng. Sampel penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah post-test control design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian 1 dan hipotesis penelitian 2 adalah Independent-Sample T-test dengan bantuan SPSS 16. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan pengujian hipotesis pihak kanan. Hasil analisis Independent-Sample T-test untuk menguji hipotesis penelitian 1 diperoleh nilai t pada equal variance not assumed adalah 15,275 dengan signifikansi (1-tailed) 0,000. Nilai sig  0,05 sehingga skor rata-rata aktivitas belajar fisika kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Dengan demikian model PBI disertai metode praktikum berpengaruh terhadap aktivitas belajar fisika siswa kelas XI IPA di SMA Muhammadiyah 2 Genteng. Untuk menguji hipotesis penelitian 2 diperoleh hasil analisis Independent-Sample T-test nilai t pada equal variance not assumed adalah 4,008 dengan signifikansi (1- tailed) 0,0005  0,05, sehingga nilai rata-rata hasil belajar fisika kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Dengan demikian model PBI disertai metode praktikum berpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA di SMA Muhammadiyah 2 Genteng. Berdasarkan analisis data, secara umum dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran Problem Based Instruction dengan metode praktikum dan yang tidak menggunakan pembelajaran Problem Based Instruction dengan metode praktikum kelas XI IPA di SMA Muhammadiyah 2 Genteng. Secara khusus dapat disimpulkan: (1) model pembelajaran Problem Based Instruction dengan metode praktikum berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran fisika di kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Genteng; (2) model pembelajaran Problem Based Instruction dengan metode praktikum berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika di kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Gentengen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210192032;
dc.subjectModel Pembelajaran Problem Based Instructionen_US
dc.titleengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan Metode Praktikum Terhadap Hasil BelajarFisika di Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Gentengen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record