Show simple item record

dc.contributor.authorCarina Astari
dc.date.accessioned2013-12-27T01:22:54Z
dc.date.available2013-12-27T01:22:54Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM070210191111
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13050
dc.description.abstractTujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) mengetahui hasil pengembangan perangkat pembelajaran bilingual matematika berbasis CTL (contextual teaching and learning) pokok bahasan prisma dan limas, (2) mengetahui hasil uji coba pengembangan perangkat pembelajaran bilingual matematika berbasis CTL (contextual teaching and learning) pokok bahasan prisma dan limas. Model pengembangan perangkat yang digunakan adalah model 4D. Model 4-D memiliki empat tahap pengembangan, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Perangkat pembelajaran yang dihasilkan meliputi: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Guru, Buku Siswa, Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Tes Hasil Belajar (THB). Subyek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa SMPN 3 Jember kelas VIII A dan siswa SMPN 2 Jember kelas VIII E. metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi dan angket respon siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah perangkat pembelajaran bilingual matematika berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning) pada pokok bahasan prisma dan limas kelas VIII yang valid. Dari penilaian yang diberikan validator diperoleh nilai tingkat kevalidan RPP sebesar 0.9865 yang berarti berada pada kategori sangat tinggi, nilai tingkat kevalidan Buku Guru sebesar 0.9856 yang berarti berada pada kategori sangat tinggi, nilai tingkat kevalidan Buku Siswa sebesar 0.9894 yang berarti berada pada kategori sangat tinggi, nilai tingkat kevalidan Lembar Kerja Siswa (LKS) sebesar 0.9775 yang berarti berada pada kategori sangat tinggi, dan nilai tingkat kevalidan Tes Hasil Belajar (THB) sebesar 1.0 yang berarti berada pada kategori sangat tinggi. Dengan demikian dihasilkan perangkat pembelajaran yang valid dan siap digunakan sebagai perangkat pembelajaran matematika bilingual berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pokok bahasan prisma dan limas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210191111;
dc.subjectBilingual Matematika, CTL, Prisma dan Limasen_US
dc.titlePENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BILINGUAL MATEMATIKA BERBASIS CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ) POKOK BAHASAN PRISMA DAN LIMAS KELAS VIII SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record