Show simple item record

dc.contributor.authorIKA WULAN SARI
dc.date.accessioned2013-12-26T18:12:42Z
dc.date.available2013-12-26T18:12:42Z
dc.date.issued2013-12-26
dc.identifier.nimNIM080210301014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13007
dc.description.abstractSaat ini jasa pendidikan berkembang pesat dengan ditopang oleh perkembangan bidang teknologi dan inf ormasi. Calon siswa tidak lagi melihat nama besar lembaga pendidikan untuk bersekolah, namun yang mereka lihat adalah mutu pelayanan dari suatu lembaga. Lembaga pendidikan yang berkualitas akan mempengaruhi pengambilan keputusan siswa memilih sekolah. Mereka akan memilih sekolah yang mereka anggap dapat memenuhi atau bahkan melebihi harapan mereka dalam memberikan pelayanan jasa pendidikan. Kualitas pelayanan sekolah dapat dilihat dari bukti fisik, keandalan, jaminan, daya tanggap dan empati. Banyaknya jumlah SMA yang ada meningkatkan persaingan dalam menarik calon siswa. Sehingga sekolah agar dapat menarik calon siswa berusaha untuk meningkatkan mutu dan pelayanan pada berbagai bidang. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan siswa memilih sekolah (Lulusan SMP yang mendaftar di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo) dan 2) mengetahui variabel mana diantara variabel kualitas pelayanan yang berpengaruh paling dominan terhadap keputusan siswa memilih sekolah (Lulusan SMP yang mendaftar di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Tempat penelitian ditentukan dengan cara Purposive Area yang dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo dan penentuan responden penelitian me nggunakan Proportional Random Sampling . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Angket dalam penelitian ini sebelumnya diuji dengan menggunakan validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan inferensial (uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi linier berganda, uji F dan uji t dengan taraf signifikansi 0,05 yang dibantu dengan menggunakan program SPSS 17,00 for windows). Analisis regresi linier berganda menghasilkan persamaan Ý=1,260 + 0,637X 1 +0,606X 2 +0,206X 3 +0,113X viii 4 +0,364X 5 +ei dengan R 2 (R square) sebesar 0,806. Uji F diperoleh hasil F hitung sebesar 70,778 dan F pada taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 2,32 dengan menggunakan kriteria pengujian yaitu F tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa semua variabel bebas (bukti fisik, keandalan, jaminan, daya tanggap dan empati) secara simultan memiliki pengaruh terhadap keputusan siswa memilih SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo Tahun 2012. Besarnya pengaruh tersebut sebesar 80,6%. Sedangkan secara parsial, kualitas pelayanan memiliki pengaruh bukti fisik 30,37%, keandalan 33,38%, jaminan 1,86%, daya tanggap 2,69% dan empati 12,27%. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka disimpulkan bahwa: 1) kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan siswa memilih SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo Tahun 2012 sebesar 80,6% dan 2) keandalan memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap keputusan siswa memilih SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo Tahun 2012 sebesar 33,38%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210301014;
dc.subjectKualitas Pelayanan terhadap Keputusan Siswaen_US
dc.titlePENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN SISWA MEMILIH SEKOLAHen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record