Show simple item record

dc.contributor.authorFRISKA ERIS NOVITASARI
dc.date.accessioned2013-12-26T18:05:29Z
dc.date.available2013-12-26T18:05:29Z
dc.date.issued2013-12-26
dc.identifier.nimNIM080210391060
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13005
dc.description.abstractHasil observasi awal dan wawancara pada guru Akuntansi dan siswa kelas XI IPS 3 ditemukan adanya permasalahan yaitu kurangnya keterampilan siswa pada saat proses pembelajaran akuntansi. Hasil observasi awal menunjukkan skor rata-rata keterampilan siswa sebesar 1,73 dengan kategori rendah, serta pemahaman siswa yang dilihat dari hasil ulangan harian kelas XI IPS 3 ya ng tergolong kurang dibandingkan dengan kelas lain yaitu sebesar 45,45% dari 33 siswa sebanyak 15 siswa mengalami ketuntasan dan 18 siswa tidak tuntas. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan media pembelajaran yang kurang relevan dengan pengalaman siswa dalam proses pembelajaran di kelas, sehinggasiswa kurang terampil dalam menganalisis bukti transaksi dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, guru perlu menggunakan media pembelajaranyang bisa meningkatkan keterampilan siswa yaitu dengan menggunakan media tiruan. Manfaat penelitian ini adalah dapat memberikan kontribusiyangbaik guna memperbaikidan meningkatkan kualitas proses pembelajaran, khususnya dapat meningkatkan keterampilan dan pemahaman siswa di kelasXI IPS 3 SMA Negeri Arjasa semester genap tahun pelajaran 2012-2013 pada mata pelajaran akuntansi kompetensi dasar mencatat transaksi ke dalam jurnal umum pada perusahaan jasa. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang meliputi kegiatan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penentuan tempat penelitian menggunakan metode purposive area yaitu pada kelas XI IPS 3 di SMA Negeri Arjasa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian dapat diketahui dengan penggunaan media tiruan terbukti dapat meningkatkan keterampilan dan pemahaman siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri Arjasa Semester Genap Tahun Pelajaran 2012 -2013 pada mata pelajaran akuntansi kompetensi dasar mencatat transaksi ke dalam jurnal umum pada perusahaan jasa. Peningkatan keterampilan belajar tersebut dapat dilihat dari skor ratarata keterampilan siswa yang diperoleh pada siklus I sebesar 1,97 dan pada siklus II adalah 2,54. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan belajar siswa meningkat dari kategori rendah menjadi tinggi. Ketuntasan belajar pada siklus I mencapai 62,85% yang masih belum mencapai ketuntasan secara klasikal dan ketuntasan belajar pada siklus II mencapai 85,71%, yang berarti pada siklus II telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum yang ditetapkan oleh sekolah.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210391060;
dc.subjectMedia Tiruan Untuk Meningkatkan Keterampilanen_US
dc.titleP ENGGUNAAN MEDIA TIRUAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN PEMAHAMAN SISWAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record