Show simple item record

dc.contributor.authorEnis Fitria Sari
dc.date.accessioned2013-12-26T17:51:54Z
dc.date.available2013-12-26T17:51:54Z
dc.date.issued2013-12-26
dc.identifier.nimNIM080210301038
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13000
dc.description.abstractPeningkatan kualitas pendidikan, tentu saja tidak terlepas dari proses belajar mengajar sebagai kegiatan utama di sekolah. Dua faktor yang cukup berpengaruh dalam kegiatan belajar mengajar yaitu pemilihan sumber belajar yang digunakan dan metode pembelajaran yang sesuai . Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru dalam pembelajaran ekonomi. Produk tersebut yaitu Buku Siswa dan Multimedia Interaktif untuk Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Kebijakan Pemerintah di Bidang Fiskal. Peningkatan kualitas pendidikan, tentu saja tidak terlepas dari proses belajar mengajar sebagai kegiatan utama di sekolah. Dua faktor yang cukup berpengaruh dalam kegiatan belajar mengajar yaitu pemilihan sumber belajar yang digunakan dan metode pembelajaran yang sesuai . Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru dalam pembelajaran ekonomi. Produk tersebut yaitu Buku Siswa dan Multimedia Interaktif untuk Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Kebijakan Pemerintah di Bidang Fiskal.Tujuan penelitian dan pengembangan ini untuk mengetahui efektifitas bahan ajar yang dikembangkan (Buku Siswa dan Multimedia Interaktif) dalam mencapai tujuan pembelajaran; efisiensi bahan ajar yang dikembangkan (Buku Siswa dan Multimedia Interakt if) dalam meningkatkan pemahaman siswa kaitannya dengan waktu yang dimanfaatkan; dan daya tarik bahan ajar yang dikembangkan (Buku Siswa dan Multimedia Interaktif) meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran. Hasil penelitian diharapkan dapat menghasilkan bahan ajar yang efektif, efisien, dan berdaya tarik bagi siswa dalam pembelajaran.Penelitian ini dilakukan pada mata pelajaran Ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri 5 Jember. Penelitian dilaksanakan dengan didahului kegiatan (1) Pendahuluan, yaitu melakukan kajian teori, analisis kebutuhan kepada siswa dan guru mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS terhadap bahan ajar dan metode yang digunakan, dan merancang desain produk; (2) Pe ngembangan melalui validasi dan kegiatan ujicoba kelompok terbatas dan lebih luas yang masing -masing dilaksanakan dalam dua tahap; (3) Uji Produk yang dilaksanakan secara eksperimental bersamaan dengan tahap pengembangan. Populasi dalam penelitian ini, yaitu siswa kelas XI IPS 1, XI IPS 2, dan XI IP S 3. Sampel yang digunakan sebagai kelas eksperimen adalah siswa kelas XI IPS 3, sedangkan sampel untuk kelas kontrol, yaitu siswa kelas XI IPS 1. Metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu metode tes, angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu uji validasi oleh dosen pembimbing sebagai ahli di bidang pengembangan bahan ajar dan data dianalisis secara eksperimental dengan menggunakan uji t. Berdasar kan hasil analisis data, efektifitas bahan ajar dalam mencapai tujuan pembelajaran dapat diketahui berdasarkan hasil uji t (t-test). Pada ujicoba kelompok lebih luas, diperoleh nilai | t hitung | > dari t table atau | -5,499 | > 1,999 sehingga dapat disimpulkan bahwa antara nilai posttest kel ompok kontrol dan perlakuan memberikan hasil yang berbeda nyata. Efisiensi bahan ajar diketahui dari tingkat pemahaman siswa yang maksimal dengan pemanfaatan waktu yang semakin berkurang. Pada ujicoba kelompok lebih luas diperoleh data mengenai alokasi waktu yang digunakan, yaitu pada kelompok eksperimen sebanyak 2 pertemuan (2×45 menit), sedangkan pada kelompok kontrol sebanyak 4 pertemuan (2 ×45 menit) dengan rata-rata nilai posttes pada kelompok eksperimen sebesar 84,060, sedangkan pada kelompok kontrol sebesar 71,387. Daya tarik bahan ajar diketahui dari minat siswa terhadap bahan ajar dengan metode proyek yang dikembangkan. Berdasarkan rekapitulasi hasil respon, diketahui bahwa ± 80 % siswa menyatakan berminat dan senang menggunakan bahan ajar dalam pem belajaran. Berdasarkan analisis data hasil ujicoba pada kelompok terbatas dan kelompok luas yang diperoleh, maka disimpulkan bahwa bahan ajar bentuk buku siswa dan multimedia interaktif, sesuai untuk pembelajaran ekonomi Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Kebijakan Pemerintah di Bidang Fiskal di SMA Negeri 5 Jember kelas XI IPS Tahun Pelajaran 2012/2013.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210301038;
dc.subjectMendeskripsikan Kebijakan Pemerintahen_US
dc.titlePENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KOMPETENSI DASAR MENDESKRIPSIKAN KEBIJAKAN PEMERINTAH DI BIDANG FISKAL DI SMA NEGERI 5 JEMBER KELAS XI IPS TAHUN PELAJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record