Show simple item record

dc.contributor.authorFariska Candra AK
dc.date.accessioned2013-12-24T03:52:45Z
dc.date.available2013-12-24T03:52:45Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM060210192015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12170
dc.description.abstractPermasalahan dalam pendidikan saat ini yang banyak dibicarakan adalah rendahnya mutu pendidikan yang tercermin dari rendahnya rata-rata prestasi belajar (Depdiknas, 2007). Untuk menciptakan suatu pembelajaran yang efektif pada pembelajaran fisika diperlukan salah satu model pembelajaran yang dapat menanamkan sikap aktif siswa. Keterlibatan siswa secara aktif dalam pembelajaran meliputi kemampuan bertanya, menjawab, mengungkapkan gagasan serta mampu memunculkan rasa ingin tahu dalam menyelesaikan suatu permasalahan fisika yang relevan dengan kehidupan sehari-hari tanpa mengesampingkan hakikat belajar fisika. Model pembelajaran kooperatif yang diharapkan dapat membantu guru dalam melakukan bimbingan dan mengaktifkan siswa, sedangkan bagi siswa berguna untuk melatih dalam kegiatan diskusi, mengemukakan pendapat, mendengar, menunggu giliran berbicara serta menanggapi pendapat orang lain secara kritis adalah model kooperatif tipe Think Pair Share. Selain itu untuk mengarahkan pengalaman belajar peserta didik, mengarahkan aktifitas belajar peserta didik dan memantapkan pengalaman belajar peserta didik diperlukan lembar kerja siswa (LKS). Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengkaji perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share disertai LKS dengan model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran Fisika di SMA dan Untuk mendeskripsikan aktivitas belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share disertai LKS dalam pembelajaran Fisika di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Balung. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan post-test control design. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Analisa data menggunakan SPSS 15 untuk menjawab rumusan masalah adakah perbedaan yang signifikan hasil belajar fisika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share disertai LKS dengan model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran fisika di SMA. Hasil perhitungan uji t diperoleh harga t hitung = 5,49. Nilai t hitung ini dikonsultasikan dengan nilai t tabel yang memilki nilai memiliki nilai dbd = 68 pada taraf signifikasi 5 %. Nilai db = 68 terletak diantara db = 60 yang mempunyai nilai t tabel = 2,00 dan db = 120 yang mempunyai nilai t tabel = 1,98 sehingga nilai t tabel dengan db = 68 adalah 1,99. Dengan demikian, nilai t hitung > t tabel sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share disertai LKS dan pembelajaran konvensional. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share disertai LKS dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas X semester ganjil di SMA Negeri Balung tahun ajaran 2012/2013, dan (2) Aktivitas belajar siswa pada kelas X semester ganjil di SMA Negeri Balung tahun ajaran 2012/2013 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share disertai LKS termasuk kategori yang aktif, Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share disertai LKS dapat merangsang siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran yang bermakna, pembelajaran ini tidak berjalan satu arah saja, melainkan terjadi interaksi dua arah antar guru dan siswa, sehingga dapat menyeimbangkan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor sebagai hasil dari proses belajar.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210192015;
dc.subjectmodel pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Shareen_US
dc.titlePenerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share disertai LKS dalam pembelajaran Fisika di SMAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record