Show simple item record

dc.contributor.authorMeliyana Raharjanti
dc.date.accessioned2013-12-24T03:40:04Z
dc.date.available2013-12-24T03:40:04Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM070210101007
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12129
dc.description.abstractPenguasaan matematika yang kuat diperlukan sejak dini untuk menguasai dan mencipta teknologi di masa depan. Umumnya siswa belum mengerti cara mengaplikasikan suatu konsep matematika ke dalam masalah atau topik lain. Oleh karena itu perlu dikembangkan perangkat pembelajaran yang dapat mengakomodasi kebutuhan belajar siswa SMK dalam menggunakan matematika untuk memecahkan masalah. Tujuan penelitian untuk mengetahui proses pengembangan dan menghasilkan perangkat pembelajaran operasi matriks berorientasi pendekatan pemecahan masalah di SMK Program Keahlian Tata Niaga Kelas XII. Hasil penelitian diharapkan dapat dimanfaatkan bagi peneliti sebagai sarana belajar untuk memperoleh pengalaman dan mendapatkan pengetahuan dalam mengembangkan perangkat pembelajaran, serta bagi guru sebagai referensi tambahan dalam mengelola pembelajaran maupun melakukan penelitian yang sejenis bagi peneliti lain. Model penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Plomp yang terbagi dalam lima fase, yaitu : (1) fase investigasi awal, (2) fase desain, (3) fase realisasi/konstruksi, (4) fase tes, evaluasi, dan revisi, dan (5) fase implementasi. Namun pada penelitian ini, fase implementasi tidak dilaksanakan karena penelitian ini terbatas sampai menghasilkan perangkat pembelajaran, tidak sampai mengimplementasikan perangkat pembelajaran. Data yang dikumpulkan dan dianalisis dalam penelitian ini antara lain data yang diperoleh dari hasil validasi para ahli dan praktisi, aktifitas siswa dan guru dalam uji coba perangkat pembelajaran, respon siswa terhadap pembelajaran dan perangkat pembelajaran (buku siswa dan LKS), serta hasil belajar siswa. vii Hasil validasi oleh para ahli berupa koreksi, kritik, dan saran yang digunakan sebagai dasar untuk melakukan revisi dan penyempurnaan terhadap perangkat pembelajaran. Uji coba dilaksanakan di kelas XII Tata Niaga SMKN 4 Jember dalam dua kali pertemuan, sesuai dengan RPP, serta satu kali pertemuan untuk tes hasil belajar. Pemenuhan kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari perangkat pembelajaran yang dikembangkan disajikan sebagai berikut: Tabel 1 Pemenuhan kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan Kriteria Keterangan Kualifikasi Kevalidan Koefisien validitas RPP, buku guru, buku siswa, LKS, dan tes hasil belajar adalah 0,87; 0,91; 0,93; 0,85; dan 0,84. Kepraktisan Persentase aktifitas guru sebesar 100% dan persentase aktifitas siswa sebesar 93,44% Keefektifan Sebanyak 83% siswa telah tuntas hasil belajarnya dan sebanyak 77,78% siswa memberikan respon positif terhadap perangkat pembelajaran Sangat tinggi Sangat tinggi Tinggi Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, maka dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa kegiatan pengembangan perangkat pembelajaran berhasil mengembangkan perangkat pembelajaran operasi matriks berorientasi pendekatan pemecahan masalah di SMK Program Keahlian Tata Niaga Kelas XII. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), buku guru, buku siswa, Lembar Kerja Siswa (LKS), dan tes hasil belajar yang telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210101007;
dc.subjectPerangkat Pembelajaran Operasi Matriks Berorientasi Pendekatan Pemecahan Masalahen_US
dc.titlePengembangan Perangkat Pembelajaran Operasi Matriks Berorientasi Pendekatan Pemecahan Masalah di SMK Program Keahlian Tata Niaga Kelas XIIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record