Show simple item record

dc.contributor.authorEko Nurani Setiawan
dc.date.accessioned2013-12-24T03:26:41Z
dc.date.available2013-12-24T03:26:41Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM070210192141
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12090
dc.description.abstractFisika merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) atau sains yang menerangkan berbagai gejala dan kejadian alam, yang memungkinkan penelitian dengan percobaan, pengukuran apa yang didapat, penyajian secara matematis dan berdasarkan peraturan-peraturan umum. Berdasarkan fakta yang ada telah diketahui bahwa dikalangan siswa telah berkembang kesan bahwa pelajaran fisika merupakan salah satu pelajaran yang tidak digemari siswa karena motivasi untuk belajar fisika, sehingga ada anggapan bahwa fisika itu sulit dan membosankan. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa fisika sampai saat ini masih diajarkan melalui pembelajaran yang bersumber dari buku atau secara teoritik, sehingga pembelajaran fisika terkesan hanya sebagai proses transfer pengetahuan dari pikiran guru ke dalam pikiran siswa. Pembelajaran model tipe semi terstruktur merupakan salah satu bentuk kegiatan dalam pembelajaran Fisika yang dapat mengaktifkan siswa, mengembangkan kemampuan berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah serta menimbulkan sikap positif terhadap Fisika. Membiasakan siswa dalam merumuskan, menghadapi dan menyelesaikan soal merupakan salah satu cara untuk mencapai penguasaan suatu konsep akan menjadi lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengkaji pengaruh hasil belajar fisika siswa menggunakan model problem posing tipe semi terstruktur dalam pembelajaran Fisika Kelas XI SMA Negeri 3 Jember. Dan untuk mengkaji aktivitas pembelajaran dengan menggunakan model problem posing tipe semi terstruktur dalam pembelajaran Fisika Kelas XI SMA Negeri 3 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini vii dilaksanakan di SMA Negeri 3 Jember. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan Post-Test Control Design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Analisa data menggunakan SPSS 16 untuk menjawab rumusan masalah yang pertama yaitu untuk membuktikan pengaruh model problem posing tipe semi terstruktur terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika kelas XI IPA di SMA Negeri 3 Jember. Analisis data kognitif produk diperoleh nilai Sig. (2-tailed) < 0.05 jika dikonsultasikan dengan pedoman pengambilan keputusan maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model model problem posing tipe semi terstruktur terhadap hasil belajar siswa (Ha diterima, Ho ditolak). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada pembelajaran ada pengaruh model problem posing tipe semi terstruktur terhadap hasil belajar Fisika kelas XI IPA SMA Negeri 3 Jember. analisis data kognitif produk diperoleh nilai Sig. (2-tailed) < 0.05 jika dikonsultasikan dengan pedoman pengambilan keputusan maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Problem Posing tipe semi terstruktur terhadap aktivitas siswa (H a diterima, H ditolak). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada pembelajaran terdapat pengaruh model problem posing tipe semi terstruktur terhadap aktivitas belajar Fisika Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Jember. o Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1). Ada pengaruh model problem posing tipe semi terstruktur terhadap hasil belajar Fisika Kelas XI IPA di SMA Negeri 3 Jember. (2). Ada pengaruh model problem posing tipe semi terstruktur terhadap aktivitas belajar Fisika Kelas XI IPA di SMA Negeri 3 Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210192141;
dc.subjectModel Problem Posing Tipe Semi Terstrukturen_US
dc.titlePengaruh Model Problem Posing Tipe Semi Terstruktur dalam Pembelajaran Fisika Kelas XI IPA di SMA Negeri 3 Jemberen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record