Show simple item record

dc.contributor.authorMega Nirmalasari Misbah Sedjati
dc.date.accessioned2013-12-24T03:24:42Z
dc.date.available2013-12-24T03:24:42Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM090210101006
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12086
dc.description.abstractSubjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 7 Jember yang berjumlah 40 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing terdiri dari empat tahap. Empat tahap tersebut terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini meliputi observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Pada pembelajaran siklus I diperoleh hasil analisis data yang meliputi aktivitas guru dan siswa, persentase jenis kesalahan, serta efektivitas pembelajaran. Persentase aktivitas guru yang diperoleh termasuk dalam kategori sangat aktif, sedangkan persentase aktivitas siswa termasuk dalam kategori aktif. Setelah dilakukan pembelajaran siklus I, pada tes akhir siklus I diperoleh persentase jenis kesalahan yang termasuk dalam kategori kecil, sangat kecil, dan cukup tinggi. Dari jumlah seluruh kesalahan pada tes pendahuluan dan tes akhir siklus I diperoleh efektivitas pembelajaran termasuk dalam kategori efektif. Pada pembelajaran siklus II juga diperoleh hasil analisis data yang meliputi aktivitas guru dan siswa, persentase jenis kesalahan, serta efektivitas pembelajaran. Persentase aktivitas guru yang diperoleh juga termasuk dalam kategori sangat aktif. Persentase aktivitas siswa mengalami peningkatan hingga termasuk dalam kategori sangat aktif. Setelah dilakukan pembelajaran siklus II, pada tes akhir siklus II diperoleh persentase jenis kesalahan yang termasuk dalam kategori kecil dan sangat kecil. Dari jumlah seluruh kesalahan pada tes akhir siklus I dan tes akhir siklus II diperoleh efektivitas pembelajaran termasuk dalam kategori efektif. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif teknik change of pairs dapat meningkatkan aktivitas siswa di dalam proses pembelajaran dan dapat mengatasi kesalahan siswa kelas VII A SMP Negeri 7 Jember dalam menyelesaikan soal-soal sub pokok bahasan luas trapesium.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210101006;
dc.subjectChange of Pairs, Luas Trapesiumen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK CHANGE OF PAIRS UNTUK MENGATASI KESALAHAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL-SOAL SUB POKOK BAHASAN LUAS TRAPESIUM KELAS VII A SMP NEGERI 7 JEMBER TAHUN AJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record