Show simple item record

dc.contributor.authorMAHARANI GITA KUSUMAWARDANI
dc.date.accessioned2013-12-24T03:15:52Z
dc.date.available2013-12-24T03:15:52Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM090210101063
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12060
dc.description.abstractDari hasil validasi perangkat pembelajaran diperoleh koefisien validitas RPP, buku siswa, LKS, dan THB berturut-turut adalah 0,94; 0,93; 0,95; dan tiap soal THB > 0,85. Perangkat tersebut dikatakan valid atau layak karena skor atau koefisien validitasnya sangat tinggi. Persentase aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua, berturut-turut adalah 90,9% dan 93,93%. Hal ini menunjukkan perangkat pembelajaran tersebut telah memenuhi kriteria kepraktisan. Rata-rata persentase setiap aktivitas siswa pada pertemuan pertama dan kedua, adalah (11-20)%, sedangkan untuk aktivitas yang tidak relevan adalah 3,64%. Dari analisis angket yang telah diisi oleh 42 siswa diperoleh bahwa lebih dari 80% siswa memberikan respon positif terhadap seluruh aspek yang ditanyakan dalam angket. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memberikan respon baik terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Dari analisis validitas butir soal THB terdapat 3 butir soal yang nilai validitasnya sangat tinggi dan 5 butir soal yang nilai validitasnya tinggi. Berarti secara keseluruhan alat evaluasi ini dikatakan valid. Dari hasil analisis reliabilitas THB diperoleh nilai koefisien reabilitas tes ( ) = 0,8677 hal ini berarti bahwa reliabilitas alat evaluasi berkategori sangat tinggi. Dari analisis THB juga diperoleh bahwa 88% (37 siswa dari 42 siswa) siswa mencapai skor minimal 60. Hal ini menunjukkan bahwa xi perangkat pembelajaran matematika bernuansa PBI telah memenuhi kriteria keefektifan perangkat pembelajaran. Berdasarkan kriteria-kriteria kualitas perangkat pembelajaran yang telah terpenuhi, dihasilkan perangkat pembelajaran matematika bernuansa PBI (Problem Based Instruction) Pada Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Untuk Siswa Kelas VIII SMP yang layak dan dapat digunakan oleh guru tingkat SMP untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran matematika.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210101063;
dc.subjectPBI, Teorma Pythagorasen_US
dc.titlePENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERNUANSA PBI (PROBLEM BASED INSTRUCTION) PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS UNTUK SISWA KELAS VIII SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record