Show simple item record

dc.contributor.authorIra Noviliya
dc.date.accessioned2013-12-24T03:02:28Z
dc.date.available2013-12-24T03:02:28Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM090210101058
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12023
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat. Model pengembangan yang digunakan beracuan pada model Thiagarajan dimulai dengan menetapkan kebutuhan pembelajaran, yaitu telaah karakteristik siswa, konsep yang akan diajarkan, tugas belajar yang akan diberikan, dan tujuan pembelajaran. Proses pengembangan dilanjutkan dengan merancang prototipe (draf 1) perangkat pembelajaran yang dimulai dengan merancang alat evaluasi dan memilih media serta format pembelajaran. Proses pengembangan selanjutnya adalah validasi serta uji coba perangkat pembelajaran yang dilaksanakan di kelas VIIIH SMP Negeri 7 Jember. Berdasarkan hasil penelitian dan validasi, perangkat pembelajaran direvisi dan hasilnya disebut draf 2 yang layak untuk diujicobakan. Hasil uji coba digunakan sebagai masukan untuk memperbaiki kualitas perangkat pembelajaran dan hasilnya disebut draf 3 (produk akhir). Hasil pengembangan yang diperoleh adalah perangkat pembelajaran matematika yang berorientasi pada metode Genius Learning dengan pendekatan Open Ended pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) di kelas VIII, yang terdiri dari RPP, buku siswa, LKS, dan THB. Perangkat tersebut telah dikategorikan baik karena memenuhi tiga kriteria yaitu: a) valid, diperoleh dari hasil validasi perangkat pembelajaran (RPP, buku siswa, LKS, THB), karena koefisien validitasnya lebih dari 0,60. yaitu berturut-turut adalah 0,95; 0,95; 0,97; dan 0,96; x b) praktis, diperoleh dari hasil analisis lembar observasi aktivitas guru model dari pertemuan I, II, dan III yang berkategori baik yaitu berturut-turut adalah 80,95%, 87,30%, dan 96,83%; dan c) efektif, diperoleh dari hasil analisis: (1) aktivitas belajar siswa yang berkategori baik dari pertemuan I, II, dan III yaitu 89,53%, 94,23%, dan 96,79%, (2) respon positif siswa terhadap perangkat pembelajaran dan proses pembelajaran yaitu lebih dari 80%, dan (3) tes juga diperoleh bahwa lebih dari 80% siswa di kelas VIIIH SMP Negeri 7 Jember mencapai skor minimal (skor 60).en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210101058;
dc.subjectGenius Learning, Open Ended, Linier Dua Variabelen_US
dc.titlePENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA METODEGENIUS LEARNINGDENGAN PENDEKATANOPEN ENDED POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) KELAS VIII SEMESTER GASALen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record