Show simple item record

dc.contributor.authorHERDIKA LESTIYANINGSIH
dc.date.accessioned2013-12-24T02:46:42Z
dc.date.available2013-12-24T02:46:42Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM080210191037
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11966
dc.description.abstractSubjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII F di SMP Negeri 10 Jember. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan satu kali tes untuk setiap akhir siklus. Setiap siklus mengobservasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan tes akhir siklus digunakan untuk mengetahui perkembangan hasil belajar siswa yang dilakukan setelah pembelajaran. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 27 November 2012 dan 29 November 2012, sedangkan Siklus II dilaksanakan pada tanggal 4 Desember 2012. Tes dilaksanakan setiap akhir siklus, tes 1 dilaksanakan pada tanggal 30 November 2012, sedangkan tes 2 dilaksanakan pada tanggal 6 Desember 2012. Penerapan pembelajaran Quick on the Draw terdiri dari sembilan tahapan, yaitu menyampaikan tujuan pembelajaran, menyiapkan set kartu soal, pembentukan kelompok, memahami isi bahan ajar dan melengkapi bagian yang rumpang pada bahan ajar yang diberikan guru, menyelesaikan permasalahan pada kartu set soal dengan kelompok, melaporkan hasil diskusi kelompok, pemberian penghargaan kelompok, membahas jawaban secara klasikal, dan membuat catatan. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan: 1) Penerapan pembelajaran Quick on the Draw pada materi aritmatika sosial kelas VII F SMP Negeri 10 Jember tahun ajaran 2012/2013 berjalan dengan baik dan lancar, hal ini terlihat dari meningkatnya aktivitas siswa dan hasil belajar; 2) Aktivitas siswa pada saat penerapan pembelajaran Quick on the Draw dari siklus I hingga siklus II mengalami peningkatan dan tergolong sangat aktif; 3) Ketuntasan hasil belajar siswa setelah penerapan pembelajaran Quick on the Draw baik pada tes akhir siklus I maupun tes akhir siklus II mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan belajar klasikal siklus I sebesar 82,85% dan pada siklus II sebesar 97,14%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210191037;
dc.subjectQuick on the Draw, Matematika, Aritmatika Sosialen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN QUICK ON THE DRAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SUB POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL SISWA KELAS VII F SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 10 JEMBER TAHUN AJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record