Show simple item record

dc.contributor.authorAfifah Nur Aini
dc.date.accessioned2013-12-24T02:24:00Z
dc.date.available2013-12-24T02:24:00Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM070210101094
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11892
dc.description.abstractSalah satu tujuan pembelajaran matematika di sekolah adalah agar siswa memiliki kemampuan memecahkan masalah, yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model, dan menafsirkan solusi yang diperoleh. Alternatif pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu pendekatan pemecahan masalah. Langkah pemecahan masalah yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Polya. Penyempurnaan dan perbaikan pembelajaran matematika hendaknya diiringi dengan teknik penilaian yang baik pula. Teknik penilaian yang dipakai dalam penelitian ini adalah penilaian unjuk kerja yang bertujuan untuk mengukur tingkat penguasaan yang sebenarnya terhadap materi yang diajarkan. Hal ini dilakukan dengan mengamati kegiatan siswa dalam melakukan sesuatu. Proses penyelesaian masalah menurut Polya dinilai berdasarkan pedoman penilaian unjuk kerja. Fokus pada penelitian ini adalah penerapan pembelajaran dengan pendekatan pemecahan masalah yang disertai penilaian unjuk kerja, aktivitas siswa dan guru serta ketuntasan belajar siswa. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII E SMPN 1 Balung Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 36 orang. Pelaksanaannya mulai tanggal 5 April 2011 sampai 20 April 2011. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rancangan penelitian mengadaptasi model penelitian tindakan Hopkins. Siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi yang 10 dilanjutkan ke siklus berikutnya. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Pembelajaran melalui pemecahan masalah dilakukan dengan melakukan percobaan sederhana untuk mengajarkan materi. Pembelajaran 1 telah terlaksana dengan baik. Siswa secara keseluruhan telah aktif terlibat dalam percobaan sederhana dan pengerjaan LKS. Namun, ada kesulitan ketika siswa harus menuliskan definisi persegi panjang berdasarkan hasil percobaan. Pembelajaran 2 juga telah berjalan baik. Siswa bekerja sama dengan kelompoknya untuk mengerjakan percobaan dan LKS. Hanya saja, siswa masih kesulitan dalam menyimpulkan rumus luas persegi panjang dari percobaan. Selanjutnya, kesulitan dialami siswa pada pembelajaran 3 yaitu saat menyimpulkan hasil percobaan memutar persegi seperempat putaran searah jarum jam meski secara umum pembelajaran telah terlaksana dengan baik. Mereka tidak mengerti hal apa saja yang harus diperhatikan setelah persegi diputar. Pembelajaran 4 juga berjalan lancar, dengan sedikit kendala saat siswa mengerjakan soal latihan nomor 2 tentang keliling dan luas persegi. Kebanyakan siswa langsung menerka jawabannya tanpa menggunakan langkah pemecahan masalah Polya. Hasil observasi terhadap aktivitas siswa menunjukkan peningkatan di tiap pembelajaran, yaitu berturut-turut dari pembelajaran 1 sampai 4, 61,84%; 67,40%; 72,81% dan 79,86%. Rata-rata nilai LKS cenderung meningkat di tiap pembelajaran yaitu berturut-turut 84,11; 80,00; 81,80 dan 83,06, meskipun terjadi penurunan dari pembelajaran 1 ke pembelajaran 2. Rata-rata nilai tes akhir siklus I 72,15 meningkat menjadi 72,65 pada siklus 2. Aktivitas siswa, pengerjaan LKS serta tes akhir dihitung untuk mendapatkan nilai akhir. Pada siklus I, rata-rata nilai akhir yaitu 72.82 meningkat menjadi 76,49 pada siklus II. Baik pada siklus I maupun II, keduanya dapat dikatakan tuntas secara klasikal. Ketuntasan belajar pada siklus I mencapai 77,78% dan meningkat menjadi 91,67% pada siklus II. Aktivitas guru dalam penelitian ini juga diamati. Persentasenya cenderung meningkat di tiap pembelajaran berturut-turut yaitu 89,29%; 92,86%; 92,86% dan 96,43%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210101094;
dc.subjectPendekatan Pemecahan Masalahen_US
dc.titlePenerapan Pendekatan Pemecahan Masalah disertai Penilaian Unjuk Kerja untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa pada Persegi Panjang dan Persegi di SMPN 1 Balung Kelas VII E Tahun Ajaran 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record