Show simple item record

dc.contributor.authorYunita Firmaning Tyas
dc.date.accessioned2013-12-24T02:18:46Z
dc.date.available2013-12-24T02:18:46Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM070210191112
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11881
dc.description.abstractDalam proses belajar mengajar guru dan siswa dituntut aktif dalam proses pembelajaran. Terutama siswa yang belajar harus lebih aktif menggali informasi sendiri dan tidak hanya menunggu apa yang diberikan guru. Berdasarkan observasi dan wawancara terhadap guru bidang studi matematika SMP Negeri 1 Balung diperoleh informasi bahwa tingkat penguasaan konsep-konsep matematika dalam kehidupan sehari- hari masih rendah dengan ketuntasan hasil belajar juga rendah yang hanya mencapai 46% dari 37 siswa kelas VIIIE, yaitu hanya 17 siswa yang tuntas. Hal ini menunjukkan banyak siswa yang belum menguasai konsep-konsep matematika secara mendalam. Penyebab rendahnya ketuntasan hasil belajar siswa kelas VIIIE SMP Negeri 1 Balung adalah metode pembelajaran yang sering digunakan adalah ceramah sehingga siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Salah satu cara yang dianggap dapat mengatasi hal tersebut adalah menerapkan pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning). Dalam pembelajaran ini siswa diberi permasalahan yang membutuhkan pendefinisian masalah, perumusan hipotesis, melaksanakan eksperimen untuk membuktikan hipotesis, dan penyimpulan materi oleh siswa itu sendiri, sehingga konsep akan tertanam dalam ingatan siswa melalui pengalaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan, aktivitas, ketuntasan hasil belajar siswa setelah penerapan pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning). Pengambilan data pada penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Balung dimulai bulan September 2011 sampai dengan Desember 2011. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIE SMP Negeri 1 Balung berjumlah 35 siswa yang terdiri dari viii 15 siswa laki- laki dan 20 siswa perempuan. Pendekatan yang diambil dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak 2 siklus. Penelitian ini mengadopsi model skema Hopkins yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini menggunakan dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, dan tes. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah hasil observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan ketuntasan belajar siswa. Aktivitas siswa dalam pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) meliputi memperhatikan penjelasan dari guru, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, melakukan eksperimen, pengumpulan data, menguji hipotesis, merumuskan kesimpulan, dan presentasi. Dari hasil analisis data bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) pada materi teorema Pythagoras berjalan dengan baik meskipun dalam menyelesaikan permasalahan pada LKS terdapat kendala yaitu kurangnya pemahaman siswa mengenai pendefinisian masalah dan membuktikan hipotesis. Peran guru yaitu membimbing setiap kelompok mengerjakan LKS dengan cara membantu siswa dalam pendefinisian masalah dan membuktikan hipotesis. Aktivitas siswa mengalami peningkatan persentase dari siklus I ke siklus II sebagai berikut: siklus I persentase aktivitas siswa secara klasikal pada pembelajaran 1 sebesar 63,75%; pada pembelajaran 2 sebesar 56,43%; dan pembelajaran 3 yaitu sebesar 84,46%. Siklus II dilaksanakan untuk memberikan perbaikan/pemantapan tahap yang dirasa masih kurang pada siklus I. Ketuntasan hasil belajar siswa pada penelitian ini pada siklus I sebesar 57,14% dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu mencapai 88,57%. Dari hasil analisis dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi teorema Pythagoras.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210191112;
dc.subjectBERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORASen_US
dc.titleENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIIIE SMP NEGERI 1 BALUNG SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record