Show simple item record

dc.contributor.authorTOTOK PURDIYANTO
dc.date.accessioned2013-12-24T01:53:23Z
dc.date.available2013-12-24T01:53:23Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM070210101103
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11807
dc.description.abstractPada umumnya pembelajaran matematika di sekolah masih berpusat pada guru dan siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan guru bidang studi matematika di SMP Negeri 12 Jember diperoleh informasi bahwa siswa kurang aktif dalam pembelajaran matematika. Akibatnya rata-rata hasil belajar siswa masih berada di bawah Standar Ketuntasan Minimal (SKM) yang ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pelaksanaan pembelajaran metode IMPROVE berbantuan soal cerita model Polya, aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa dengan penerapan metode IMPROVE berbantuan soal cerita model Polya pada materi aritmatika sosial. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 12 Jember tahun pelajaran 2011/2012. Pengambilan data dimulai pada tanggal 17 November 2011 sampai dengan 1 Desember 2011. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Model skema yang digunakan adalah model skema penelitian tindakan Hopkins dan dilaksanakan sebanyak dua siklus. Berdasarkan model skema penelitian tindakan Hopkins maka dikembangkan desain penelitian menggunakan prosedur kerja dari tindakan pendahuluan, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pada setiap akhir siklus diberikan tes akhir untuk mengetahui sejauh mana siswa menguasai materi yang telah dipelajari. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisa data merupakan cara yang paling menentukan untuk menyusun dan mengolah data yang terkumpul, sehingga dapat menghasilkan suatu kesimpulan yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran metode IMPROVE berbantuan soal cerita model Polya pada materi aritmatika sosial kelas VII B SMP Negeri 12 Jember tahun pelajaran 2011/2012 dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Hal ini bisa dilihat dari hasil observasi aktivitas siswa dan guru yang meningkat dari pembelajaran pertama sampai pembelajaran keempat. Pada pembelajaran pertama diperoleh rata-rata persentase aktivitas siswa sebesar 56,94%, pembelajaran kedua sebesar 59,86%, pembelajaran ketiga sebesar 67,10%, dan pada pembelajaran keempat sebesar 75,30%. Sedangkan untuk persentase aktivitas guru pada pembelajaran pertama diperoleh 80%, pembelajaran kedua 90%, pembelajaran ketiga 90%, dan pembelajaran keempat 95%. Selain itu, hasil belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Persentase ketuntasan belajar siswa meningkat pada siklus I diperoleh 60,52% meningkat menjadi 84,21% pada siklus II. Berdasarkan hasil wawancara terhadap siswa menunjukkan bahwa siswa menyukai pembelajaran yang diterapkan, yaitu pembelajaran metode IMPROVE berbantuan LKS soal cerita model Polya. Kesimpulan dari hasil analisis data dan pembahasan bahwa pembelajaran metode IMPROVE berbantuan LKS soal cerita model Polya cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Aritmatika sosial. Hal ini terlihat dari peningkatan persentase hasil belajar siswa pada tiap siklusnya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210101103;
dc.subjectMETODE IMPROVE BERBANTUAN LKS SOAL CERITA MODEL POLYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIALen_US
dc.titlePENERAPAN METODE IMPROVE BERBANTUAN LKS SOAL CERITA MODEL POLYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII B SMP NEGERI 12 JEMBER TAHUN AJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record