Show simple item record

dc.contributor.authorBERNADINUS ARYONO
dc.date.accessioned2013-12-20T15:33:13Z
dc.date.available2013-12-20T15:33:13Z
dc.date.issued2013-12-20
dc.identifier.nimNIM050210301159
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11682
dc.description.abstractG uru dan siswa adalah dua pihak yang berperan besar dalam mencapai keberhasilan proses belajar mengajar yaitu mencapai ketuntasan prestasi belajar siswa. Ada banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan proses belajar mengajar. Penelitian ini menekankan pada dua faktor, yait u motivasi belajar dan perhatian orang tua yang masing-masing memberi kontribusi terhadap pencapaian prestasi belajar siswa. Untuk itu diperlukan perumusan masalah dalam penelitian tersebut, yaitu: 1) Apakah ada pengaruh signifikan dari variabel motivasi belajar (X ) dan variabel perhatian orang tua (X ) terhadap prestasi belajar siswa (Y) pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 2 Jember semester genap tahun ajaran 2011/2012? dan 2) Variabel manakah yang dominan diantara kedua variabel motivasi belajar (X 2 ) dan variabel perhatian orang tua (X ) terhadap variabel prestasi belajar siswa (Y) pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 2 Jember semester genap tahun ajaran 2011/2012?. 2 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh signifikan antara variabel motivasi belajar (X 1 ) dan perhatian orang tua (X ) terhadap prestasi belajar siswa (Y) mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 2 Jember semester genap tahun ajaran 2011/2012 dan serta variabel yang dominan diantara variabel m otivasi belajar (X 1 ) dan perhatian orang tua (X 2 2 ) terhadap prestasi belajar siswa (Y) mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 2 Jember semester genap tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Jember sebagai lokasi penelitian da n siswa kelas VII sebagai responden. Penentuan responden dilakukan dengan menggunakan metode populasi dan selanjutnya dengan penggunaan metode porporsional random sampling untuk pengambilan sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner sebagai metode utama, metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Uji validitas dan reliabilitas digunakan untuk menguji kuesioner. Analisis data hanya dilakukan menggunakan analisis inferensial dengan uji F, uji t dan analisis varians garis regre si. Hasil analisis pengolahan data diperoleh persamaan garis regresi berganda yaitu Ŷ = 57,609 + 0,804X 1 + 0,303X 2 +e . Selanjutnya, hasil perhitungan secara simultan (uji F) yakni variabel motivasi belajar (X i 1 ) dan variabel perhatian orang tua (X ) terhadap prestasi belajar (Y) yaitu nilai F hitung sebesar 14,0288 > F tabel 1 2 1 sebesar 3,14 dengan tingkat α = 0,05 > sig. f = 0,000. Hal ini berarti bahwa variabel motivasi belajar (X ) dan variabel perhatian orang tua (X ) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel prestasi belajar (Y). 2 H asil perhitungan secara parsial (uji t) yakni untuk variabel motivasi belajar (X ) terhadap prestasi belajar (Y) yaitu nilai t hitung xvi = 3,687 > t = 1,998 dan α = 0,05 > sig = 0,000 dan serta untuk nilai variabel perhatian orang tua (X tabel 2 ) yaitu nilai t = 2,282 > t = 1,998 dan α = 0,05 > sig = 0,000. Hal ini berarti menunjukkan bahwa variabel motivasi belajar (X tabel ) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar (Y). Sedangkan, hasil perhitungan secara parsial (uji t) yakni variabel perhatian orang tua (X 2 1 ) terhadap prestasi belajar (Y) yaitu t hitung = 2,282 > t = 1,998 dan α = 0,05 > sig = 0,000. Hal ini berarti menunjukkan bahwa variabel perhatian orang tua (X tabel ) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar (Y). Hasil perhitungan secara parsial di atas masing-masing variabel bebas (X) memiliki proporsi sumbangan terhadap variabel terikat (Y). Maka, untuk variabel bebas yang memiliki pengaruh dominan ditentukan dengan cara menghitung proporsi sumbangan dari masing-masing variabel bebas (X) terhadap variabel terikat(Y). Kemudian, membandingkannya mana variabel yang paling dominan. Oleh karena itu, diketahui proporsi sumbangan variabel bebas motivasi belajar (X ) terhadap variabel terikat (Y) adalah r 1y x β 1x 1 x 100% = ………%, maka 0,498 x 0,410 x 100% = 20,42%. Sedangkan, proporsi sumbangan variabel bebas perhatian orang tua (X ) terhadap variabel terikat (Y) adalah r 1y x β x 100% = ………%, maka 0,396 x 0,254 x 100% = 10,06%. Jadi, dapat diketahui bahwa va riabel motivasi belajar (X 1x ) mempunyai sumbangan terbesar dari perhatian orang tua (X ) yang berpengaruh terhadap prestasi belajar (Y) yaitu jumlah sumbangan variabel motivasi belajar (X 2 ) sebesar 20,42% adalah lebih besar dibandingkan dengan variabel per hatian orang tua (X 1 ), yaitu sebesar 10,06%. Hal di atas dibuktikan bahwa hipotesis yang menyatakan “variabel manakah yang dominan diantara kedua variabel motivasi belajar (X ) dan variabel perhatian orang tua (X 2 1 ) terhadap variabel prestasi belajar siswa (Y) mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 2 Jember semester genap tahun ajaran 2011/2012”, dinyatakan diterima. Sedangkan, sisa proporsi sumbangan variabel lainnya yakni sebesar 69,52% adalah faktor di luar variabel dalam penelitian ini. Berdasarkan uraian diatas bahwa motivasi belajar dan perhatian orang tua terhadap belajar siswa sangat penting diperhatikan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII semester genap tahun ajaran 2011/2012. Oleh sebab itu, diharapkan pihak sekolah, guru dan orang tua perlu kesediaan memberikan perhatian sebagai dukungan terhadap motivasi belajar dan perhatian orang tua guna meningkatkan prestasi belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210301159;
dc.subjectMotivasi Belajar dan Perhatian Orang Tuaen_US
dc.titlePENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 2 JEMBER TAHUN AJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record