Show simple item record

dc.contributor.authorACH FADLOIL
dc.date.accessioned2013-12-20T15:19:12Z
dc.date.available2013-12-20T15:19:12Z
dc.date.issued2013-12-20
dc.identifier.nimNIM070210391162
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11675
dc.description.abstractProses pembelajaran ekonomi di kelas X.3 SMA Negeri 1 Tanggul Jember berlangsung cukup baik dengan terciptanya pola interaksi antara guru dan siswa. Akan tetapi, motivasi belajar siswa masih rendah, hal itu dapat dilihat pada saat siswa menerima materi sikap siswa cenderung ramai sendiri, mengobrol dengan teman, ada beberapa siswa yang mengerjakan PR pelajaran lain dan kurang memperhatikan pembelajaran yang sedang berlangsung. Bila siswa diberi latihan soal yang agak sulit, siswa tidak mengerjakan soal tersebut dan tidak termotivasi untuk mencari penyelesaian dari soal tersebut. Motivasi belajar merupakan salah satu elemen yang sangat dibutuhkan bagi berlangsungnya kegiatan pembelajaran yang baik dan menyenangkan, dikarenakan motivasi merupakan kemauan seseorang untuk melakukan sesuatu hal, sehingga apabila motivasi belajar siswa baik maka siswa tersebut akan antusias dan merasa senang untuk mengikuti proses pembelajaran sehingga transformasi materi dari pendidik kepada peserta didik dapat berlangsung dengan lancar dan mudah di pahami oleh peserta didik. Salah satu cara untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa adalah dengan pemberian penguatan (reinforcement). Penguatan merupakan respon terhadap suatu perilaku yang dapat meningkatkan kemungkinan berulangnya kembali perilaku itu. Pemberian penguatan dalam kegiatan pembelajaran dapat dilakukan secara verbal dan non verbal. Penggunaan penguatan dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, membina tingkah laku yang positif, menumbuhkan rasa percaya diri, dan memelihara iklim belajar yang kondusif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemberian penguatan oleh guru berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X.3 SMA Negeri 1 Tanggul Jember tahun ajaran 2011/2012. Jenis analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan inferensial dengan menggunakan metode pengumpulan data yang meliputi angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Jumlah responden adalah 32 siswa yang pengambilannya menggunakan sampel bertujuan sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana, analisis varian garis regresi, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pemberian penguatan oleh guru mempunyai pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan menggunakan uji F, dimana perolehan perhitungan F hitung > F yaitu (11,547>2,922) dengan signifikansi 0,002. Nilai koefisien korelasi R sebesar 0,527 yang berarti bahwa pemberian penguatan oleh guru memiliki hubungan yang nyata dengan motivasi belajar siswa sebesar 52,7% berarti tingkat hubungan variabel X dan variabel Y cukup kuat. Koefisien determinasi (R square tabel ) sebesar 0,278 yang berarti bahwa variabel pemberian penguatan oleh guru mempengaruhi motivasi belajar siswa sebesar 27,8%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210391162;
dc.subjectMotivasi Belajar Siswaen_US
dc.titlePENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN OLEH GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS X.3 SMA NEGERI 1 TANGGUL JEMBER TAHUN AJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record