Show simple item record

dc.contributor.authorUun Badriyah
dc.date.accessioned2013-12-20T06:32:06Z
dc.date.available2013-12-20T06:32:06Z
dc.date.issued2013-12-20
dc.identifier.nimNIM060210102275
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11203
dc.description.abstractFisika yang merupakan bagian dari ilmu pengetahuan alam atau sains yang mempelajari gejala-gejala alam melalui penelitian, percobaan dan pengukuran yang disajikan secara matematis berdasarkan hukum-hukum dasar untuk menemukan hubungan antara kenyataan yang ada di alam. Proses pembelajaran fisika masih didominasi guru dan siswa kurang berkembang secara mandiri melalui pemikiran dan proses berfikirnya. Pada pembelajaran ini kelas cenderung teacher-centered sehingga siswa menjadi pasif. Metode pembelajaran yang melibatkan keaktifan siswa melaksanakan keterampilan ilmiah dan menumbuhkan sikap ilmiah salah satunya adalah pembelajaran CTL dengan metode diskusi dimana pembelajaran berpusat pada murid (student-centered); partisipatori; dan pendekatan berubah menjadi kontekstual. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1) bagaimana penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan metode diskusi untuk meningkatkan aktivitas siswa kelas XI SMA N 1 Kencong?; 2) bagaimana penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan metode diskusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA N 1 Kencong?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengkaji penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan metode diskusi untuk meningkatkan aktivitas belajar fisika siswa kelas XI SMA N 1 Kencong; 2) mendeskripsikan penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan metode diskusi untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas XI SMA N 1 Kencong. vii Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), penentuan responden didasarkan pada permasalahan yang terjadi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kencong. Responden penelitian yaitu siswa kelas XI IPA3. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan observasi oleh peneliti. Desain dan prosedur tindakan yang digunakan berbentuk spiral Model Hopkins. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran contextual teaching and learning dengan metode diskusi pada aktivitas belajar fisika siswa dalam setiap siklusnya yaitu pada siklus I dengan persentase 87,34% aktivitas belajar fisika siswa termasuk kategori sangat aktif, pada silklus II aktivitas belajar siswa menurun dengan persentase 78,57% tetapi termasuk kategori aktif. Persentase rata-rata aktivitas belajar fisika siswa adalah 82.96% sehingga aktivitas belajar fisika siswa termasuk kategori sangat aktif. Dan dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA3, yaitu pada siklus I 21,43%; dan siklus II 83,33%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210102275;
dc.subjectCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE DISKUSIen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 3 SMAN 1 KENCONGen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record