Show simple item record

dc.contributor.authorNUR AFIFAH
dc.date.accessioned2013-12-20T02:10:40Z
dc.date.available2013-12-20T02:10:40Z
dc.date.issued2013-12-20
dc.identifier.nimNIM090210204210
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10914
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang menunjukkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Jatisari 03 Jenggawah. Hal ini disebabkan pada proses pembelajaran yang umumnya menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan dan kurangnya media pembelajaran, sehingga siswa cenderung menghafal materi pembelajaran yang diberikan, sehingga membuat siswa merasa kurang menyenangi pelajaran IPS yang menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Oleh karena itu, perlu dilaksanakan pembelajaran IPS dengan melalui model pembelajaran Snowball Throwing dengan media gambar. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Jatisari 03 Jenggawah yang terdiri dari 27 siswa, 9 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 6 kelompok yang heterogen. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 24 Oktober sampai dengan 12 November 2011. Penelitian ini dilakukan sebanyak II siklus, yaitu siklus 1 dan siklus II, siklus 1 terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II dengan 2 pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi dokumentasi, observasi, wawancara dan tes. Teknik analisi data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif m enganalisis data berupa observasi dan wawancara sedangkan deskriptif kuantitatif menganalisis hasil tes individu. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa, dan hasil tes individu pada saat menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing berlangsung. Hasil analisis pada siklus I persentase rata-rata aktivitas siswa secara klasikal mencapai 72,6% sedangkan pada siklus II persentase rata-rata aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 79,25%. Analisis ketuntasan hasil bel ajar pada siklus I mencapai 74,07%, pada siklus II mencapai 88,9%. Hal ini berarti ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 14,83%. Berdasarkan hasil analisis tersebut secara klasikal siswa kelas III mencapai ketuntasan belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan uraian di atas, maka diharapkan guru dapat menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing sebagai alternatif dalam proses pembelajaran IPS. Saran dari penelitian ini adalah bagi siswa, untuk meningkatkan motivasi, kreativitas, dan kerjasama karena dalam pembelajaran ini menuntut keaktifan dan semangat siswa guna meningkatkan hasil belajar. Bagi guru, berdasarkan hasil penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing dengan media gambar dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran IPS sebagai upaya dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sedangkan bagi sekolah, dapat memberikan sumbangan pemikiran dalam meningkatkan mutu pendidikan. Bagi peneliti, hasil penelitian ini akan memberikan bekal dalam memperoleh pengalaman penelitian secara ilmiah, serta menambah wawasan, pengetahuan, dan keterampilan peneliti dalam hal yang terkait dengan penggunaan model Snowball Throwing.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204210;
dc.subjectPembelajaran Snowball Throwingen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DENGAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KERJASAMA DI SDN JATISARI 03 JENGGAWAH TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record