Show simple item record

dc.contributor.advisorUmamah, Nurul
dc.contributor.advisorNaim, Muhammad
dc.contributor.authorARIFIANANDA, Mohammad Fariz
dc.date.accessioned2020-08-14T04:31:20Z
dc.date.available2020-08-14T04:31:20Z
dc.date.issued2019-07-20
dc.identifier.nimNIM 140210302036
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100531
dc.description.abstractSalah satu masalah besar dalam bidang pendidikan di Indonesia yang banyak diperbincangkan adalah rendahnya mutu pendidikan yang tercermin dari rendahnya rata-rata hasil belajar. Masalah lain dalam pendidikan di Indonesia yang juga banyak diperbincangkan adalah pendekatan pembelajaran sejarah masih terlalu didominasi peran pendidik (teacher center). Pelajaran Sejarah berfungsi untuk penyadaran warga negara untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya dalam rangka pembangunan nasional. Pelaksanaan pembelajaran sejarah di lapangan, sering dijumpai adanya kesan bahwa pelajaran sejarah merupakan pelajaran yang sangat membosankan, kurang motivasi peserta didik. Sejarah dianggap sebagai pelajaran yang hanya memaparkan fakta-fakta yang ada, kurang penting, sehingga pelajaran sejarah dianggap remeh oleh peserta didik. Berdasarkan hasil observasi peneliti di SMAN 2 Tanggul, nilai ulangan harian dan tengah semester 1 peserta didik kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 pada mata pelajaran sejarah tahun ajaran 2018/2019 menunjukkan bahwa masih banyak yang menempuh remidi karena tidak memenuhi KKM (kriteria ketuntasan minimum). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Microsoft Learning Content Development System terhadap hasil belajar pada mata pelajaran sejarah. Penelitian mengambil kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen proses pembelajaran dilakukan menggunakan Media pembelajaran Microsoft Learning Content Development System. Sedangkan pada kelas kontrol proses pembelajaranya menggunakan media powerpoint. Setelah itu diberikan pre-test dan post-test untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. ix Berdasarkan hasil perhitungan pengujian hipotesis menggunakan One-way anova pada taraf signifikasi 5%. Perhitungan hasil pengujian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai signifikan (P= 0,001) dengan pengaruh 14,9 %. Karena hasil signifikansi <0,05, maka terbukti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar kelompok eksprimen yang menggunakan media Microsoft learning content development system dengan kelompok kontrol tanpa menggunakan media Microsoft learning content development system. Aktivitas belajar peserta didik lebih dominan dibandingkan aktivitas pendidik, pendidik hanya bertugas sebagai fasilitator. Pembelajaran efektif akan terjadi apabila peserta didik terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Peserta didik tidak hanya menerima informasi dari pendidik tetapi peserta didiklah yang menemukan dengan sedikit arahan dari pendidik, hal ini sesuai dengan anjuran pada kurikulum 2013 bahwa pembelajaran berpusat pada peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan mengenai pengaruh penggunaan media berbasis computer dengan aplikasi Microsoft Learning Content Development System terhadap hasil belajar pada mata pelajaran sejarah yang dilakukan di SMAN 2 Tanggul, Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan penggunaan Media Microsoft Learning Content Development System terhadap hasil belajar pada mata pelajaran sejarah peserta didik kelas XI SMAN 2 Tanggul.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMEDIA BERBASIS KOMPUTERen_US
dc.subjectMICROSOFT LEARNING DEVELOPMENT SYSTEMen_US
dc.subjectHASIL BELAJAR SEJARAHen_US
dc.titlePengaruh penggunaan media berbasis komputer dengan aplikasi Microsoft Learning Content Development System terhadap Hasil Belajar Sejarahen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiPendidikan Sejarah
dc.identifier.kodeprodi0210302


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record