Browsing by Title
Now showing items 48458-48477 of 87921
-
Penerapan Model Pembelajaran Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary (Ropes) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IVb Tema Daerah Tempat Tinggalku SDN Sumbersari 01 Jember
(2018-05-28)Penerapan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran di kelas IVB SDN Sumbersari 01 masih belum optimal pada tahap mengamati, menalar dan mengumpulkan informasi serta penggunaan media dan model pembelajaran kurang ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROPES UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR
(2013-12-19)Dalam rangka memperbaiki proses pembelajaran yang telah berlangsung selama ini, diperlukan model pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Observasi awal dikelas X-3 SMA Negeri 1 ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROPES UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR penawaran dan harga keseimbangan Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2011/2012) penawaran dan harga keseimbangan Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2011/2012) penawaran dan harga keseimbangan Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2011/2
(2014-01-14)Dalam rangka memperbaiki proses pembelajaran yang telah berlangsung selama ini, diperlukan model pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Observasi awal dikelas X-3 SMA Negeri 1 ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROPES UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR (Pada Siswa Kelas X-3 SMA Negeri 1 Lumajang Mata Pelajaran Ekonomi Standar Kompetensi Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran dan harga keseimbangan Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2011/2012
(2014-01-22)Dalam rangka memperbaiki proses pembelajaran yang telah berlangsung selama ini, diperlukan model pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Observasi awal dikelas X-3 SMA Negeri 1 ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROPES UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR (Pada Siswa Kelas X-3 SMA Negeri 1 Lumajang Mata Pelajaran Ekonomi Standar Kompetensi Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran dan harga keseimbangan Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2011/2012)
(2013-07-29)Dalam rangka memperbaiki proses pembelajaran yang telah berlangsung selama ini, diperlukan model pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Observasi awal dikelas X-3 ... -
Penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pokok Bahasan Cara Manusia Dalam Memelihara Dan Melestarikan Alam Di Lingkungan Sekitar Pada Siswa Kelas Iiia Sdn Kebonsari 04 Jember
(2017-11-27)Hasil observasi pada SDN Kebonsari 04 Jember diketahui bahwa proses pembelajaran yang dilakukan guru masih berpusat pada guru (teacher centered), guru kurang mengikutsertakan siswa dalam proses pembelajaran dan ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, AND INTELECTUALLY) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VA SDN KERTOSARI 01 PADA MATA PELAJARAN PKn POKOK BAHASAN KEPUTUSAN BERSAMA TAHUN AJARAN 2012/2013
(2013-12-18)Tujuan pendidikan kewarganegaraan pada dasarnya adalah menjadikan warga negara yang cerdas dan baik serta mampu mendukung keberlangsungan bangsa dan negara. Mata pelajaran PKn yang dipelajari dari tingkat dasar sampai ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SELECTING, ORGANIZING AND INTEGRATING MENGGUNAKAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS VA SDN AJUNG 03 AJUNG-JEMBER TAHUN PELAJARAN 2012-2013
(2013-12-03)Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas VA SDN Ajung 03, diketahui motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS tergolong rendah. Dimana dari data yang diperoleh menunjukkan bahwa ... -
Penerapan Model Pembelajaran Self Directed Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas Xi Ips 2 Man 1 Jember Tahun Ajaran 2017/2018
(2019-04-11)Pembelajaran sejarah memiliki tujuan penting yang harus dicapai, antara lain: (1) materi pelajaran sejarah harus mampu mengembangkan integritas dan jati diri peserta didik; (2) adanya rangsangan-rangsangan baik untuk dapat ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIBOMBER CERDAS UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN SISWA TERHADAP KOMPETENSI MATA PELAJARAN UJIAN NASIONALDI KABUPATEN BONDOWOSO SITUBONDO BANYUWANGI
(2014-06-03)Indikator keberhasilan suatu proses pembelajaran di Sekolah Menengah Atas (SMA) dapat dilihat salah satunya dari keberhasilan siswa memperoleh nilai Ujian Nasional (UN) yang tinggi. Tetapi kenyataan di lapangan menunjukkan ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS ( KRITIS SISWA
(2013-12-15)Model pembelajaran pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Muncar masih menggunakan model konvensional, yaitu berupa metode ceramah. Hal ini menyebabkan kemampuan berpikir kritis siswa masih belum meningkat. Oleh sebab itu, ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS ( KRITIS SISWA Mendeskripsikan Permintaan dan Penawaran serta Terbentuknya Harga Pasar Semester Genap SMP Negeri 1 Muncar Tahun Pelajaran 2011/2012)
(2014-01-26)Model pembelajaran pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Muncar masih menggunakan model konvensional, yaitu berupa metode ceramah. Hal ini menyebabkan kemampuan berpikir kritis siswa masih belum meningkat. Oleh sebab itu, ... -
Penerapan Model Pembelajaran Siklus (Learning Cycle) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (Studi Kasus pada Kelas VIII-A Mata Pelajaran IPS Kompetensi Dasar Permintaan dan Penawaran serta Terbentuknya Harga Pasar Semester Genap SMP Negeri 1 Muncar Tahun Pelajaran 2011/2012)
(2013-07-01)This research was conducted to improve students' critical thinking skills by applying a cyclic learning mode (learning cycle). This research included Classroom Action Research (CAR) conducted by 2 cycles that include ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) (ENGAGEMENT, EXPLORATION, EXPLANATION, ELABORATION, EVALUATION) 5E UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SEJARAH PADA PESERTA DIDIK KELAS X5 DI SMA NEGERI 1 PAKUSARI TAHUN AJARAN 2013/2014
(2014-07-14)Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini keaktifan dan hasil belajar sejarah peserta didik menunjukkan peningkatan keaktifan belajar sejarah yaitu, pada siklus I 76,31%. Pada siklus II 78,94% meningkat 9,8% dari siklus ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE)(ENGAGEMENT, EXPLORATION, EXPLANATION, ELABORATION, EVALUATION) 5E UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KELAS X5 SMA N 1 PAKUSARI TAHUN AJARAN 2013/2014
(UNEJ, 2014)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar sejarah kelas X5 di SMA N 1 Pakusari tahun ajaran 2013/2014 melalui "Penerapan model pembelajaran siklus belajar (Learning Cycle) 5E". Pelaksanaan ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELECTUALLY (SAVI) DENGAN MEDIA GARIS BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT KELAS V SDN DUKUHDEMPOK 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
(2013-12-11)Pembelajaran Matematika di SDN Dukuhdempok 03 Wuluhan masih dikategorikan rendah, hal ini terlihat dari rendahnya hasil belajar matematika pada siswa kelas V, dikarenakan guru jarang memberikan tugas kelompok pada ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SPICS (STUDENT CENTERED, PROBLEM BASED, INTEREST, CONFIDENT AND SATISFACTION) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA (KELAS X D SMA NEGERI 2 TANGGUL JEMBER)
(2013-12-04)Pembelajaran SPICS merupakan proses pembelajaran yang dilakukan beberapa langkah yaitu pengamatan, melontarkan pertanyaan yang relevan, mengumpulkan data, membuat kesimpulan dan nantinya siswa memperoleh pengalaman ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SPICS (STUDENT CENTERED, PROBLEM BASED, INTEREST, CONFIDENT AND SATISFACTION) UNTUK MENINGKATKAN KECAKAPAN SOSIAL (SOCIAL SKILL) DAN HASIL BELAJAR (SISWA KELAS X MAN 2 SITUBONDO)
(2013-12-05)Siswa disekolah atau dimadrasah merupakan individu yang sedang dalam proses perkembangan. Siswa yang dalam proses perkembangan tentu mempunyai banyak masalah yang dihadapinya baik masalah pribadi, sosial maupun akademik ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY-QUESTIONREAD- RECITE-REVIEW) DENGAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA-BIOLOGI (Siswa Kelas VII-B SMP Negeri 7 Bondowoso Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013)
(2014-03-27)Hasil penelitian menunjukkan adanya rata-rata peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran pembelajaran SQ3R (Survey-Question-Read Recite-Review) dengan metode diskusi pada siswa kelas ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SQ4R (SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) DENGAN CONCEPT MAP UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (Siswa Kelas XI-IPA 5 SMA Negeri 4 Jember Pokok Bahasan Sistem Ekskresi)
(2017-03-14)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah proses pembelajaran dan hasil belajar siswa yang diperoleh dari hasil observasi yang dilakukan pada bulan Januari 2016 dengan guru dan siswa kelas XI – IPA 5 mata ...