Browsing by Title
Now showing items 58015-58034 of 87936
-
Pengaruh Penerapan Metode Proyek Boneka Wayang Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B TK Al Irsyad Al Islamiyyah Kabupaten Jember
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-02-10)AnakiUsiaiDini mempunyai enam aspekiperkembangan yangiharus distimulasi. Salahisatunyaiadalah kemampuan motorikihalusianak. Kemampuan ini memang tidak membutuhkan tenaga yang kuat, namun membutuhkan adanya koordinasi ... -
PENGARUH PENERAPAN METODE ROLE PLAYING TEMA BERBAGAI PEKERJAAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN DABASAH 3 BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2014/2015
(2015-04-09)Kemajuan suatu bangsa dapat dicapai melalui penataan pendidikan yang baik. Pendidikan yang baik diperkaya dengan berbagai metode-metode pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran adalah metode role playing. Metode role ... -
Pengaruh Penerapan Metode Role Playing Tema Lingkungan Sahabat Kita Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas V di Sdn Rambigundam 02 Jember
(2018-07)Jenis penelitian ini adalah peneltian eskperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VB SDN Rambigundam 02 Jember tahun ajaran 2017/2018. Adapun jumlah subjek penelitian kelas VA adalah 27 siswa dengan jumlah ... -
Pengaruh Penerapan Metode Role Playing Tema Lingkungan Sahabat Kita Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas v Di Sdn Rambigundam 02 Jember
(2018-12-11)Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode role playing hasil belajarnya lebih baik daripada pembelajaran dengan metode pembelajaran langsung dengan menggunakan pendekatan ... -
PENGARUH PENERAPAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR PKn MATERI ORGANISASI DI LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MASYARAKAT PADA SISWA KELAS V SDN GRUJUGAN LOR 1 BONDOWOSO
(2017-12-19)Pembelajaran PKn mengandung materi-materi pembelajaran yang bersifat abstrak. Di samping itu kebiasaan guru yang selalu menerapkan metode-metode pembelajaran klasik seperti ceramah, tanya jawab dan penugasan pada saat ... -
PENGARUH PENERAPAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III TEMA KEGIATAN JUAL BELI DI SDN JEMBER KIDUL 04 TAHUN PELAJARAN 2015/2016
(2016-08-16)Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jember Kidul 04 dengan subyek penelitian yaitu seluruh siswa kelas III SDN Jember Kidul 04 yang terdiri dari kelas IIIA dan IIIB yang berjumlah 96 siswa. Jenis penelitian ini adalah ... -
Pengaruh Penerapan Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema Berbagai Pekerjaan Subtema 1 di SDN Kebonsari 01 Jember
(2019-08-30)Proses pembelajaran di sekolah yang diterapkan oleh guru kelas selama ini hanyalah terbatas pada penggunaan metode ceramah, tanya jawab, ataupun diskusi. Hal ini tentunya membuat hasil belajar yang didapatkan siswa tidak ... -
PENGARUH PENERAPAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV TEMA INDAHNYA NEGERIKU DI SDN KARANGREJO 03 JEMBER 2014/2015
(2015-12-07)Tahun 2013 dimulai pembelajaran dengan kurikulum baru, yaitu kurikulum 2103. Orientasi kurikulum 2013 adalah terjadinya peningkatan dan keseimbangan antara kompetensi sikap, keterampilan dan pengetahuan. Sesuai dengan ... -
Pengaruh Penerapan Metode Scramble terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Tema Peristiwa dalam Kehidupan di SDN Sumberpinang 02 Jember
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember, 2020-01-22)Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu “adakah pengaruh penerapan metode scramble terhadap hasil belajar siswa kelas 5 tema “Peristiwa dalam Kehidupan” di SDN Sumberpinang 02 Jember”. Tujuan penelitian ini adalah untuk ... -
PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PROKLAMASI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA DI SDN RAMBIGUNDAM 01 JEMBER
(2016-08-10)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model cooperative learning tipe STAD terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS Pokok Bahasan Proklamasi Kemerdekaan Republik ... -
PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MASALAH SOSIAL DI SDN SUMBEREJO 03 AMBULU – JEMBER
(2016-01-08)Guru cenderung menggunakan metode konvensional adalah metode ceramah, monotonny metode atau media yang digunakan oleh guru adalah dengan menggunakan media gambar yang ditempelkan di dinding atau dipapan tulis, dapat ... -
Pengaruh Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Dalam Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Masalah Sosial Di SDN Sumberejo 03 Ambulu-Jember
(UNEJ, 2015)Model cooperative learning tipe STAD dibentuk kelompok di mana satu sama lain akan saling membatu untuk menguasai materi yang diberikan oleh guru. Siswa lebih termotivasi mengikuti pembelajaran, sehingga dapat menciptakan ... -
Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Kelas IV pada Materi Muatan IPA
(Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2022-09-23)Pada saat ini di jenjang sekolah dasar banyak menggunakan Kurikulum 2013, yang menerapkan pembelajaran yaitu tematik terpadu, pembelajaran tematik terpadu adalah suatu pembelajaran yang di dalamnya ada gabungan dari beberapa ... -
PENGARUH PENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DAN SIKAP ILMIAH SISWA DI SMP
(2013-12-04)Salah satu permasalahan yang ada di Indonesia adalah rendahnya kualitas sumber daya manusia. Hal inilah yang membuat bangsa Indonesia masih jauh tertinggal dengan bangsa lainnya, sehingga pendidikan menjadi kebutuhan ... -
PENGARUH PENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DAN SIKAP ILMIAH SISWA DI SMP
(2014-01-20)Salah satu permasalahan yang ada di Indonesia adalah rendahnya kualitas sumber daya manusia. Hal inilah yang membuat bangsa Indonesia masih jauh tertinggal dengan bangsa lainnya, sehingga pendidikan menjadi kebutuhan ... -
Pengaruh Penerapan Model Kooperatif STAD Disertai E-LKPD Liveworksheets terhadap Hasil Belajar Fisika Materi Energi dan Perubahannya pada Siswa SMK
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2024-01-19)Pada era globalisasi, pendidikan yang berkualitas merupakan suatu keharusan agar sumber daya yang dihasilkan bisa bersaing secara global. Peningkatan kualitas pendidikan dicapai dengan meningkatkan kualitas pembelajaran. ... -
Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Kahoot Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMK pada Materi Bumi dan Antariksa
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2024-01-17)Fisika merupakan mata pelajaran yang memiliki peran penting dalam memperkaya pemahaman konsep ilmiah serta memajukan keterampilan berpikir siswa. Berdasarkan observasi awal yang telah dilaksankan dan wawancara terhadap seorang ... -
Pengaruh Penerapan Model Learning Cycle 7E Berbasis Phet Simulation terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika Siswa Sma Pokok Bahasan Elastisitas dan Hukum Hooke
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-01-18)Peran guru sangat diperlukan dalam menggunakan model, media, dan strategi pembelajaran yang menarik dan bervariasi untuk menjadikan suasana kelas hidup dan menumbuhkan semangat peserta didik. Berdasarkan hasil wawancara guru ... -
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intelectually Repetition ( Air ) Berbasis Learning Community Terhadap Kreativitas Siswa Pada Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus DI MTS Negeri 1 Lumajang
(Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember, 2019-07-12)Matematika merupakan ide-ide abstrak yang diberi simbol-simbol itu tersusun secara hirarkis dan penalarannya deduktif, sehingga belajar matematika itu merupakan kegiatan mental yang tinggi (Hudojo, 1998). Matematika ...