Browsing by Title
Now showing items 55758-55777 of 87938
-
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN ILMIAH SISWA SMAN 5 MALANG
(2014-03-28)kebermaknaan siswa dalam belajar diindikasikan dengan siswa mampu untuk menyelesaikan berbagai masalah. Model pembelajaran berbasis masalah merupakan desain pembelajaran yang dapat mengembangkan keterampilan siswa ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BELAJAR BIOLOGI DAN AKTIVITAS SISWA SMA NEGERI 3 BONDOWOSO
(2013-12-20)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi siswa yang tidak mampu menghubungkan apa yang mereka pelajari dengan bagaimana pengetahuan tersebut akan dipergunakan dan dimanfaatkan. Selain itu terdapat tuntutan kurikulum ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) terhadap Hasil Belajar Biologi dan Aktivitas Siswa SMA Negeri 3 Bondowoso (Siswa Kelas X Semester Genap Tahun Ajaran 2011/2012)
(2014-01-24)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi siswa yang tidak mampu menghubungkan apa yang mereka pelajari dengan bagaimana pengetahuan tersebut akan dipergunakan dan dimanfaatkan. Selain itu terdapat tuntutan kurikulum ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP MINAT BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAN BALUNG
(2017-11-07)Berdasarkan hasil dan pembahasan pada bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan sebagai berikut : a. Model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa pada ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKITAR TERHADAP HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR FISIKA SISWA (Studi pada Materi Fluida di SMK Negeri 2 Jember)
(2017-01-20)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran berbasis proyek dengan memanfaatkan lingkungan sekitar terhadap hasil belajar fisika, dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran berbasis ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Brain-Based Learning Dilengkapi LKPD Ber-Augmented Reality pada Materi Sistem Ekskresi terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa SMA
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-06-06)Abad 21 diharapkan dapat menerapkan pembelajaran dengan menyongsong perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Mutu pendidikan akan meningkat jika guru dapat menyelenggarakan pembelajaran yang melibatkan siswa aktif ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Brain-Based Learning Dilengkapi LKPD Ber-Augmented Reality pada Materi Sistem Ekskresi terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa SMA
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-06-06)Abad 21 diharapkan dapat menerapkan pembelajaran dengan menyongsong perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Mutu pendidikan akan meningkat jika guru dapat menyelenggarakan pembelajaran yang melibatkan siswa aktif ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CLIS (CHILDREN’S LEARNING IN SCIENCE) TERHADAP AKTIVITAS DANHASIL BELAJAR SISWA MELALUI LESSON STUDY
(2013-12-20)Model pembelajaran CLIS (Children’s Learning in Science) merupakan model pembelajaran yang menekankan pada pembangunan ide-ide oleh siswa. Model pembelajaran ini memiliki kelebihan mengajak siswa untuk mengaplikasikan ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CLIS (CHILDREN’S LEARNING IN SCIENCE) TERHADAP AKTIVITAS DANHASIL BELAJAR SISWA MELALUI LESSON STUDY (Pada Mata PelajaranBiologi Sub KonsepPencemaranLingkungandanPembuatanProdukDaurUlang, Kelas X Semester GenapTahunPelajaran 2011/2012 di SMAN 1 Jember)
(2014-01-28)Model pembelajaran CLIS (Children’s Learning in Science) merupakan model pembelajaran yang menekankan pada pembangunan ide-ide oleh siswa. Model pembelajaran ini memiliki kelebihan mengajak siswa untuk mengaplikasikan ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CLIS (CHILDREN’S LEARNING IN SCIENCE) TERHADAP AKTIVITAS DANHASIL BELAJAR SISWA MELALUI LESSON STUDY (Pada Mata PelajaranBiologi Sub KonsepPencemaranLingkungandanPembuatanProdukDaurUlang, Kelas X Semester GenapTahunPelajaran 2011/2012 di SMAN 1 Jember)
(2014-01-28)Model pembelajaran CLIS (Children’s Learning in Science) merupakan model pembelajaran yang menekankan pada pembangunan ide-ide oleh siswa. Model pembelajaran ini memiliki kelebihan mengajak siswa untuk mengaplikasikan ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Creativity (CC) Dengan Pendekatan Sets Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Sma
(Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Mipa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember 2020, 2020-02-05)Fisika merupakan ilmu pengetahuan yang dibutuhkan untuk mempersiapkan diri akan kemajuan teknologi di masa depan dan kreativitas merupakan salah satu bentuk dalam mengintegrasikannya. Munculnya berbagai permasalahan ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Creativity (CC) Berbasis Scaffolding Terhadap Kemampuan Scientific Reasoning Dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA
(Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember, 2020)Teknologi yang berkembang pesat di era globalisasi saat ini, maka terdapat adanya perubahan-perubahan signifikan. Guru dituntut untuk memiliki pemahaman tentang paradigma pembelajaran abad ke-21 menjadi hal yang penting ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Creativity (CC) Disertai Teknik Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMKN 2 Jember
(2019-01-29)Penelitian yang berjdul pengaruh model pembelajaran Collaborative Creativity (CC) disertai teknik Probing-prompting terhadap hasil belajar fisika di SMKN 2 Jember ini bertujuan untuk memperoleh gambaran bagaimana ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Creativity (CC) Terhadap Kemampuan Literasi Energi dan Hasil Belajar Fisika Pada Siswa SMA
(2019-10-09)Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian post-test only control design. Sampel penelitian ditentukan setelah uji homogenitas terhadap populasi ditentukan dengan cara cluster random ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Creativity (CC) terhadap Kreativiatas Ilmiah dan Hasil Belajar Fisika Siswa di SMA
(2019-09-10)Pada abad ke-21, pendidikan menjadi kebutuhan yang sangat penting untuk menciptakan sumber daya manusia yang memiliki berbagai keterampilan dalam menggunakan teknologi dan media informasi. Berdasarkan keterampilan abad ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Creativity Berbantuan PhET Simulation terhadap Hasil Belajar dan Respon Siswa pada Pokok Bahasan Momentum dan Impuls
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-07-22)Fisika adalah suatu ilmu yang mempelajari tidak hanya sebatas kumpulan ilmu pengetahuan saja, melainkan suatu proses berpikir dalam menemukan dan memahami sesuatu tentang gejala alam dan fenomena yang terjadi secara ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Creativity Dengan Simulasi Phet Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Dan Penguasaan Konsep Pada Materi Getaran Harmonik Di SMA.
(2018-08-01)Pembelajaran fisika lebih menekankan pemahaman dibanding ingatan, sehingga dalam pembelajaran fisika yang terpenting adalah pemahaman konsep bukan menghafal konsep. Kegiatan belajar mengajar yang melatih pemahaman konsep ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Learning dipadu Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Biologi Siswa SMA di Daerah Perkebunan Kopi
(FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, 2023-01-27)Karakteristik siswa yang tinggal di lingkungan sekolah dekat perkebunan kopi memiliki kemandirian belajar rendah, sehingga perlu adanya kemandirian belajar dibimbing oleh guru agar dapat menumbuhkan sikap ilmiah pada ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Learning dipadu Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Biologi Siswa SMA di Daerah Perkebunan Kopi
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-01-27)Karakteristik siswa yang tinggal di lingkungan sekolah dekat perkebunan kopi memiliki kemandirian belajar rendah, sehingga perlu adanya kemandirian belajar dibimbing oleh guru agar dapat menumbuhkan sikap ilmiah pada siswa. ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Learning dipadu Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Biologi Siswa SMA di Daerah Perkebunan Kopi
(FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, 2023-01-27)Karakteristik siswa yang tinggal di lingkungan sekolah dekat perkebunan kopi memiliki kemandirian belajar rendah, sehingga perlu adanya kemandirian belajar dibimbing oleh guru agar dapat menumbuhkan sikap ilmiah pada ...