Browsing by Title
Now showing items 55718-55737 of 87921
-
PENGARUH MODEL PBI (PROBLEM BASED INSTRUCTIONS) DISERTAI MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Materi Momentum dan Impuls Kelas X MAN 1 Jember)
(2017-10-19)Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan, diketahui bahwa hasil belajar siswa masih ada yang di bawah KKM. Hal ini disebabkan proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru, sehingga siswa kurang aktif ... -
Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) disertai Video Berbasis Kontekstual terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran Fisika Di SMA
(FAKULTAS KEGIRUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, 2020-09-10)Fisika merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari gejala-gejala alam melalui serangkaian proses yang dikenal dengan proses ilmiah yang tersusun atas tiga komponen terpenting berupa konsep, prinsip, dan teori yang berlaku ... -
Pengaruh Model PBL dengan Media Google Classroom Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa
(ORBITA. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 2020-10-19)Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model problem based learning dengan media google classroom terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi gelombang bunyi di SMAN Pakusari. Jenis penelitian ini ... -
Pengaruh Model Pembelaaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Dan Literasi Sains Siswa SMP
(FKIP, 2022-08-01)Tujuan pendidikan IPA berorientasi terhadap perlunya pembelajaran yang bisa memanfaatkan pengetahuan, mengidentifikasi pertanyaan,serta penarikan kesimpulan berdasarkan pada bukti yang ada sehingga membuat siswa paham ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa (Siswa Kelas VIII Semester Gasal SMPN 1 Sumbermalang Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2012/2013)
(2013-12-27)Problem Based Learning (PBL), merupakan salah satu model pembelajaran pembelajaran yang menuntut aktivitas mental siswa untuk memahami suatu konsep pembelajaran melalui situasi dan masalah yang disajikan pada awal ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Active Learning Berbantuan Media Video Pembelajaran terhadap Critical Thinking, Communication Skill, dan Hasil Belajar Biologi Siswa Sma di Kawasan Perkebunan Kopi
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-12-06)Kabupaten Jember adalah satu daerah produsen yang mampu memproduksi 2.369 ton kopi pada tahun 2020. Namun untuk pengembangan produksi kopi kabupaten Jember terkendala dari aspek kualitas sumber daya manusia (SDM). ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Active Learning Scavenger Hunt terhadap Kesadaran Metakognitif dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA di Sekitar Perkebunan Kopi
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-07-07)Karakteristik siswa yang tinggal di lingkungan sekolah dekat dengan kawasan perkebunan memiliki kemandirian belajar yang rendah, sehingga perlu adanya kemandirian belajar dalam pembelajaran yang dibimbing oleh guru agar ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) DALAM PENCEGAHAN TERJADINYA GREEN TOBACCO SICKNESS (GTS) PADA BURUH TANI TEMBAKAU DI DESA PLALANGAN KEC. KALISAT KAB. JEMBER
(2016-11-15)Analisis data penelitian menggunakan uji wilcoxon menunjukkan ada pengaruh pengetahuan dan sikap sebelum dan sesudah diberikan intervensi dengan nilai p value = 0,000; CI = 95 % pada responden dengan mengikuti pembelajaran ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Active Learning terhadap Pengetahuan dan Sikap Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) dalam Pencegahan Terjadinya Green Tobacco Sickness (GTS) pada Buruh Tani Tembakau di Desa Plalangan Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember (The Effect of Active Learning Model to Knowledge and Attitude the utilizing of Personal Protective Equipment In Green Tobacco Sickness Prevention Occurrence On Peasants Tobacco In the village Plalangan, Kalisat Sub-District of Jember Regency)
(e-Jurnal Pustaka Kesehatan, vol.5 (no.3), September, 2017, 2017-09-02)Green Tobacco Sickness (GTS) diderita oleh pemetik daun tembakau yang memiliki kontak langsung dengan daun tembakau basah. Metode penelitian yang digunakan adalah model pembelajaran aktif pada petani ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DISERTAI PRAKTIKUM TERHADAP AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA MATERI GAS IDEAL DI SMAN 1 JENGGAWAH
(2018-03-15)Fisika merupakan salah satu cabang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang penting untuk diajarkan karena memberikan bekal ilmu kepada siswa dan menumbuhkan kemampuan berpikir yang berguna untuk memecahkan masalah di dalam ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF CARD SORT DENGAN KOMBINASI TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI
(2013-12-27)Penelitian ini adalah quasi eksperimen atau eksperimen semu. Subjek penelitian adalah adalah siswa kelas X.A dan X.C MAN 2 Jember. Kelas X.A adalah kelas eksperimen dengan penerapan model pembelajaran aktif card sort ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Card Sort dengan Kombinasi Teknik Mind Mapping terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi (Siswa Kelas X MAN 2 Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2012/2013 )
(2013-12-27)Model pembelajaran aktif card sort merupakan kegiatan pembelajaran dengan cara memilih kartu sesuai kategori. Model pembelajaran ini bisa digunakan untuk mengajarkan konsep, karakteristik, klasifikasi, fakta, tentang ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF CARD SORT KOMBINASI TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP PENGARUH MODEL PEMBEL KOMBINASI TEKNIK AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MAN 2 Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2012/2013 AKTIVITAS (Siswa Kelas X MAN CARD SORT DENGAN TERHADAP Tahun Ajaran 2012/2013)
(2014-01-16)Model pembelajaran aktif card sort merupakan kegiatan pembelajaran dengan cara memilih kartu sesuai kategori. Model pembelajaran ini bisa digunakan untuk mengajarkan konsep, karakteristik, klasifikasi, fakta, ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF CARD SORTDENGAN TEKNIK MIND MAPPINGTERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MAN 2 JEMBER TAHUN AJARAN 2012/2013
(UNEJ, 2012)Model pembelajaran aktif card sortmerupakan kegiatan pembelajaran dengan cara memilih kartu sesuai kategori. Model pembelajaran ini dapat digunakan untuk mengajarkan konsep, karakteristik, klasifikasi, fakta, tentang ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Analisis Lapangan dan Laboratorium (Mpall) pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa SMP
(FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIDKAN, 2021-09-07)Pembelajaran IPA seyogyanya dapat menuntun siswa untuk mampu dalam berperan aktif, berpikir kritis dan terlibat secara langsung. Pembelajaran IPA berkaitan dengan cara-cara memahami tentang alam serta hubungannya dengan ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI) Terhadap Kemampuan Argumentasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Fisika di SMA
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember, 2020-01-17)Abad 21 menuntut manusia untuk memperbaiki kualitasnya terutama pendidikan. Kemampuan yang dibutuhkan pada Abad 21 merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi salah satunya pada kemampuan argumentasi. Kemampuan Argumentasi ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI) Terhadap Kemampuan Argumentasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Fisika di SMA”
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2020-01-17)Abad 21 menuntut manusia untuk memperbaiki kualitasnya terutama pendidikan. Kemampuan yang dibutuhkan pada Abad 21 merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi salah satunya pada kemampuan argumentasi. Kemampuan Argumentasi ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) dengan ASSESMENT PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR dan KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA (Pokok Bahasan Sistem Pertahanan Tubuh Kelas XI SMA Negeri 3 Jember Tahun Ajaran 2016/2017)
(2018-03-19)Model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) dengan assesment portofolio dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional berbeda sangat signifikan (p=0,025) terhadap hasil belajar ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas IV SDN Mojosari 01 Kabupaten Jember
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2021-10-14)Model pembelajaran dalam kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik. Pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik memuat keterampilan mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan yang dapat melibatkan ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DENGAN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI
(2017-12-05)Indonesia merupakan negara yang terus menerus berupaya untuk memperbaiki serta menyempurnakan sistem pendidikannya. Menurut UU SISDIKNAS No. 20 Tahun 2003, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan ...