Browsing by Title
Now showing items 49109-49128 of 87876
-
PENERAPAN PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA VCD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN KEDUDUKAN DAN PERGERAKAN PLANET DALAM TATA SURYA DI KELAS VI SDN PRINGGONDANI 01 KECAMATAN SUMBERJAMBE KABUPATEN JEMBER e – TA (Elektronik Tugas Akhir) OleI PROGRAM
(2013-12-16)Penerapan Pendekatan Kooperatif Tipe STAD Dengan Media VCD Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata pelajaran IPA Pokok Bahasan Kedudukan Dan Pergerakan Planet Dalam Tata Surya Di Kelas VI SDN ... -
PENERAPAN PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE TGT ( TEAMS GAME TOURNAMENT ) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS MATERI POKOK TEKNOLOGI KOMUNIKASI DI SDN SUKORAMBI 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2011/2012
(2013-12-09)Kenyataan di lapangan khususnya di SD Negeri Sukorambi 01 Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember menunjukkan bahwa siswa kurang semangat untuk belajar IPS dikarenakan tidak adanya media yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran ... -
Penerapan Pendekatan Kooperatif Tipe TGT ( Teams Game Tournament ) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPS Materi Pokok Teknologi Komunikasi di SDN Sukorambi 01 Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012
(2014-01-20)Kenyataan di lapangan khususnya di SD Negeri Sukorambi 01 Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember menunjukkan bahwa siswa kurang semangat untuk belajar IPS dikarenakan tidak adanya media yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran ... -
PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN
(UNEJ, 2014)Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) pada siswa kelas V SDN Pujerbaru 3 Kecamatan Maesan, Bondowoso pada pokok bahasan KPK dan FPB. Latar belakang penelitian ... -
PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI KPK DAN FPB SISWA KELAS V SDN PUJERBARU 3 KECAMATAN MAESAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014
(2014-10-30)Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) pada siklus I dengan kriteria cukup aktif ... -
Penerapan Pendekatan Matematika Realistik pada Pokok Bahasan
(UNEJ, 2013)Pendekatan matematika realistik merupakan pendekatan yang menempatkan realitas dan lingkungan siswa sebagai titik awal pembelajaran, siswa didorong atau ditantang untuk aktif bekerja bahkan diharapkan dapat mengkonstruksi ... -
PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA POKOK BAHASAN VOLUME KUBUS DAN BALOK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN JAMBEARUM 01 PUGER TAHUN AJARAN 2013/2014
(2014-10-30)Hasil penelitian yang diperoleh yaitu aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik pada pokok bahasan volume kubus dan balok meningkat selama pembelajaran berlangsung. Hal ini dapat dilihat ... -
Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Materi Sifat-Sifat Segitiga Siswa Kelas v Sdn Sumberanyar 02 Bondowoso
(2019-04-11)Mata pelajaran Matematika di sekolah dasar mengutamakan agar siswa mengenal, memahami, serta mahir menggunakan bilangan dalam kaitannya dengan praktek dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara ... -
Penerapan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Bab Bangun Ruang Peserta Didik Kelas v SDN Maesan
(KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, 2022-11-18)Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pada penelitian ini, tindakan dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terbagi menjadi empat tahapan, yaitu: 1) perencanaan; 2) pelaksanaan tindakan; 3) ... -
Penerapan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Pokok Bahasan Perkalian Siswa Kelas II
(UNEJ, 2012)Penelitian ini dilaksanakan di SDN Lojejer 05 wuluhan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas II melalui penerapan pendekatan matematika realistik. Hal ini dikarenakan siswa kelas II SDN ... -
PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN PERKALIAN SISWA KELAS II SDN LOJEJER 05 WULUHAN TAHUN 2013/2014
(2014-07-11)Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan pendekatan matematika realistik sangat efektif diterapkan pada pokok bahasan perkalian dengan media kelereng, sterofom dan pipet. Hal ini ditunjukkan dari kegiatan ... -
PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PENGOLAHAN DATA SISWA KELAS VI B SDN BANGSALSARI 03 SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2013/2014
(2014-04-21)Hasil penelitian tindakan menunjukkan aktivitas belajar siswa selama pembelajaran matematika realistik pokok bahasan pengolahan data mangalami peningkatan. Persentase aktivitas siswa mengalami peningkatan dari 65% pada ... -
PENERAPAN PENDEKATAN OPEN ENDED DISERTAI PEMBERIAN KUASAI SUB POKOK BAHASAN SUDUT SUDUT PADA BIDANG LINGKARAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SUKOWONO TAHUN AJARAN 2009/2010
(2013-12-07)Masalah utama yang dirasakan guru adalah metode atau model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran. Metode yang pengajaran yang diterapkan guru selama ini cenderung menerapkan metode ceramah – ekspositori ... -
Penerapan Pendekatan Open Ended Disertai Pemberian KUASAI Sub Pokok Bahasan Sudut – sudut pada Bidang Lingkaran Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sukowono Tahun Ajaran 2009/2010
(2014-01-16)Masalah utama yang dirasakan guru adalah metode atau model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran. Metode yang pengajaran yang diterapkan guru selama ini cenderung menerapkan metode ceramah – ekspositori ... -
PENERAPAN PENDEKATAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII E SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 3 TANGGUL TAHUN AJARAN 2010 / 2011
(2014-01-17)Berdasarkan observasi, Pembelajaran matematika di SMP Negeri 3 Tanggul masih berorientasi pada guru. Guru matematika di SMP Negeri 3 Tanggul menyatakan bahwa pada umumnya siswa cenderung menerima apa saja yang diberikan ... -
Penerapan Pendekatan Open-Ended dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII A SMP Negeri 2 Pakuniran Probolinggo Tahun Ajaran 2014/2015
(UNEJ, 2016)Pembelajaran Pendekatan open-ended adalah salah satu upaya yang dilakukan oleh guru untuk memperoleh hasil belajar yang memadai dilakukan dengan proses pembelajaran yang memungkinkan terjadinya komunikasi antara guru dan ... -
PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA KONSEP PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN
(2013-12-19)Diberlakukannya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan oleh pemerintah menuntut perubahan-perubahan dalam proses belajar mengajar di sekolah. Seringkali guru menggunakan metode pembelajaran yang sifatnya satu arah, dimana ... -
PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA KONSEP PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN (Kelas VII Semester Genap di SMP Negeri 1 Bondowoso Tahun Ajaran 2011/2012)
(2014-01-24)Diberlakukannya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan oleh pemerintah menuntut perubahan-perubahan dalam proses belajar mengajar di sekolah. Seringkali guru menggunakan metode pembelajaran yang sifatnya satu arah, dimana ... -
PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA
(2013-12-19)Berdasarkan hasil observasi dan wawancara kepada guru ekonomi dan siswa kelas X.C MAN Jember 1 ditemukan adanya permasalahan yaitu guru kurang bervariasi dalam proses pembelajaran. Aktivitas belajar siswa kelas X.C ... -
PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Pasar Siswa Kelas X.C MAN Jember 1 Semester Ganjil Tahun Ajaran 2011/2012)
(2013-07-29)Berdasarkan hasil observasi dan wawancara kepada guru ekonomi dan siswa kelas X.C MAN Jember 1 ditemukan adanya permasalahan yaitu guru kurang bervariasi dalam proses pembelajaran. Aktivitas ...